Mudik Asik Dengan Sepeda Motor (Bagian 1)

Mudik dengan menggunakan sepeda motor memang sudah menjadi tradisi masyarakat indonesia, selain irit biaya juga tidak tergesa-gesa, jika anda lelah bisa istirahat sesukan hati. Tapi jika tidak dipersiapkan dengan matang bisa merepotkan kita sendiri bahkan orang lain.
Beberapaa hal yang perlu di perhatikan jika kalian ingin mudik dengan sepeda motor menurut Komunitas bikers Honda GL PRO-MAX, di antaranya;
  • Tentukan tujuan. Sebelum kalian melakukan perjalanan pertama yang harus kalian ketahui adalah tujuan, kemana kalian akan mudik, kampung halaman, rumah saudara, atau rumah mertua.
  • Rute yang kalian akan dilewati.  Kalian harus mengerti rute yang akan kalian lewati dan jangan lupa membawa peta, entah peta dari smartphone kalian atau peta yang lain. Usahakan tidak melewati jalan yang macet itu bisa membuat bertambah lama waktu perjalanan kalian
  • Gunakan helm. Jangan lupa memakai helm standar SNI untuk melindungi dari benturan keras jika terjadi kecelakaan dan juga melindungi dari debu/kotoran dan melindungi dari guyuran air hujan ataupun panasnya sinar matahari.
  • Pakai jaket. Selain itu jangan lupa memakai jaket untuk melindungi dari benturan benda keras jika terjadi kecelakaan, selain itu juga untuk melindungi agar tidak terkena debu/kotoran ataupun angin secara langsung yang bisa membuat kita tidak nyaman di dalam mengendarai sepeda motor.
  • Gunakan sarung tangan. Sarung tangan membuat tangan anda tetap hangat di cuaca dingin dan tangan tetap kering karena keringat di cuaca panas, selain itu untuk melindungi tangan kalian dari cidera jika terjadi kecelakaan, banyak pengendara mengalami cidera parah saat kecelakaan karena menahan dengan tangan saat terjatuh dan itupun membuat cidera parah di bagian tangan.
  • Pakailah sepatu.Memakai sepatu untuk melindungi  kaki kalian dari cidera jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, biasanya sepatu yang dipakai seperti sepatu boot untuk melindungi pergelangan kaki anda. Usahakan menggunakan celana jeans panjang untuk melindungi dari kotoran/debu atau angin secara langsung.
Selanjutnya, hal-hal yang harus dipersiapkan yaitu pengecekan motor. Simak tips nya disini: Bagian 2

Sumber: Honda Tulungagung

Leave your comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *