Masih Pakai “Jam Karet”? Udah Nggak Zaman!

Janjinya sih jam 2, eh tapi datengnya dua jam kemudian….

Yakin deh, pasti kita semua punya teman yang selalu saja telat datang kalau janji ketemuan atau malah pacar sendiri yang hobi “ngaret” (ini nggak berlaku untuk yang jomblo ya, he..he..he). Sejuta alasan pun digelontorkan untuk membela diri, mulai dari ketiduran, terjebak macet, nganterin orang tua, sampai alasan yang sepele macam “mager” alias malas gerak!

Soal telat sih memang bukan hal baru di negara kita, bahkan kebiasaan buruk orang-orang Indonesia ini sudah terdengar hingga kancah internasional hingga muncul julukan “jam karet”.

Tapi tenang, kebiasaan buruk ini bisa diperbaiki kok! Coba ikuti cara-cara di bawah ini yang dikutip dari berbagai sumber:

  1. Cermat Menghitung Waktu

Coba hitung dan perkirakan berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk perjalanan menuju tempat tujuan. Perkirakan juga apakah daerah itu rentan kena macet. Nah dari situ kamu bisa memperkirakan pukul berapa kamu harus berangkat supaya nggak telat.

  1. Jangan Matikan Alarm!

Tekadnya sih bangun pagi dengan mengandalkan alarm. Tapi begitu alarmnya bunyi, tombol snooze malah ditekan terus-menerus. Ya, memang godaan menekan tombol sakti ini besar, apalagi godaan untuk tarik selimut dan melanjutkan mimpi indah. Tapi, kalau kamu nggak mau telat lagi, ayo stop kebiasaan kamu mematikan alarm!

  1. Datang 10 Menit Lebih Awal

Cara yang tak sulit dilakukan ini bisa membebaskan kamu dari paniknya terlambat dan memberikan waktu untuk kamu bersiap-siap sebelum kegiatan atau acara dimulai.

  1. Lihat Dampak Negatif di Masa Depan

Coba bayangkan apa dampaknya kalau kalian terlambat? Jadwal pekerjaan jadi kacau, kesempatan terbuang percuma, atau bahkan pacar kamu jadi bete dan minta putus. Nggak mau kan? Makanya jangan sampai telat lagi!

  1. Hempaskan “Mager” Lewat Kegiatan Menyenangkan

Nah, ini dia penyakit anak zaman sekarang! Karena semua serba instan dan mudah, bergerak pun jadi malas. Kamu bisa mulai memperbanyak gerak lewat cara yang yang menyenangkan, salah satunya dengan bermain game yang sedang hits yaitu Pokemon Go. Kalau kebanyakan game bisa dilakukan sambil duduk atau tiduran, kali ini kamu harus berjalan bahkan berlari untuk menangkap para Pokemon yang ada di sekitar lokasimu berada.

  1. Gabung dengan Komunitas

Berkegiatan dengan komunitas bisa jadi salah satu cara melatih kedisiplinan. Karena terbiasa berurusan dengan banyak orang, maka kamu terbiasa memegang komitmen salah satunya dengan cara datang tepat waktu atau mengerjakan tugas sesuai deadline.

Bagaimana? Keputusan ada di tangan kamu. Jangan sampai masa mudamu terbuang sia-sia karena kebiasaan “ngaret” kayak si Didot di dalam video berikut ini:

Sumber Gambar: http://www.blogcdn.com/

1 Comment

  1. Rizal says:

    Kalo yg ngaret jadwal pesawat gimana tuh min.. Sering banget pesawat di indo delay mulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *