Komunitas Cangwit; Ubah Pasar Tradisional Menjadi Ruang Kreatif

Cangwit Creative Space menyempatkan diri mengunjungi kantor Joglosemar, Sabtu (9/1) siang. Dalam kesempatan tersebut, mereka bertemu langsung dengan General Manager (GM) Joglosemar, Anas Syahirul dan Pemimpin Redaksi Suhamdani. Kedatangan mereka selain untuk bersilaturahmi, juga memperkenalkan diri tentang apa itu Cangwit.

Cangwit terdiri dari sekumpulan anak muda asal Kota Solo yang memiliki komitemen untuk mengembangkan kreatifitas, dengan mengambil lokasi di pasar, yakni di lantai dua Pasar Pucangsawit Jebres.

Cangwit sendiri mengembangkan dua bidang, yakni market space dan kreatif space. Untuk market space itu terdiri dari 60 persen kuliner dan 40 persen non kuliner.

“Hampir kebanyakan memang makanan-makanan anak muda. Sedangkan non kuliner itu, ada fashion, home dekor dari kayu, musik dan lainnya. Kalau kreatif spacenya itu kita memang isi kegiatan dengan anak muda, seperti diskusi, pemutaran film, pameran dan lainnya,” jelas fasilitator Cangwit, Miftah Farid Widagdo.

Miftah juga membeberkan, latar belakang berdirinya Cangwit sebagai wujud kegelisahan anak muda yang tak memiliki tempat untuk mengembangkan kreatifitasnya.

Sementara itu GM Joglosemar, Anas Syahirul sangat mengapresiasi terbentuknya Cangwit. Bahkan menurut Anas gerakan seperti ini harus ada di kota Bengawan, guna semakin menumbuhkan kembangkan roda perekonomian di kota Solo.

Sumber: Joglosemar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *