KontraS Kecam Aksi Represif TNI AU di Sari Rejo

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekeresan (KontraS) Sumut, mengecam aksi represif yang dilakukan oknum TNI AU dari Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, saat membubarkan aksi unjuk rasa warga Kelurahan Sari Rejo, Polonia, Medan, Senin (15/8/2016) petang.

“TNI AU telah sewenang-wenang melakukan tindakan kekerasan kepada warga. Banyak yang jadi korban. Mulai dari ibu-ibu sampai anak di bawah umur. TNI bahkan telah secara membabibuta mengejar dan memukuli warga,” ujar Ronal, Staf Advokasi KontraS Sumut, Senin (15/8/2016) malam.

Ronal juga menyayangkan sikap Polisi yang cenderung pasif dan membiarkan aksi kekerasan tersebut berlangsung.

“Saya sore tadi sudah di sana. Kami bersama Camat Medan Polonia sudah meminta agar TNI AU menahan diri. Tapi kita tidak digubris. Polisi pun hanya menonton saja dan tidak berupaya menenangkan situasi,” tukasnya.

Atas peristiwa tersebut, KontraS Sumut dalam rekomendasinya, meminta agar Panglima TNI untuk melakukan evaluasi terhadap aksi arogan jajarannya itu. Karena apa yang dilakukan TNI AU dianggap sangat tidak manusiawi.

“Kita mendapatkan informasi kalau TNI AU sampai melakukan sweeping ke rumah warga dan bahkan sampai ke Masjid. Ini kan sudah tidak benar dan berlebihan. Harus ada evaluasi menyeluruh,” tandasnya.

(kha)

Sumber: Okezone

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *