Cara Mudah dan Praktis Mengetahui Kecepatan RAM pada Komputer

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara. Definisi mudahnya, ketika kita menjalankan suatu proses pada komputer (misalnya membuka dan menutup aplikasi), proses tersebut akan disimpan di dalam RAM.

Kecepatan RAM sedikit banyak akan berpengaruh pada kinerja komputer kita. Semakin cepat kecepatan RAM, maka kinerja komputer kita pun akan semakin baik. Untuk itulah kita perlu mengetahui seberapa cepat RAM yang kita gunakan.

Untuk mengetahui kecepatan RAM, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Tekan Windows-R untuk membuka kotak dialog Run, kemudian ketik cmd dan tekan enter. Maka Command Prompt akan terbuka.
  2. Ketik perintah berikut ini (atau copy-paste): wmic memorychip get speed, kemudian tekan enter. Maka akan tampil kecepatan RAM yang terpasang di komputer kita. Sebagai contoh, pada laptop penulis tampil dua baris angka 800. Artinya penulis menggunakan dua buah RAM dengan kecepatan 800. Contoh lain, di laptop adik penulis menghasilkan dua baris angka 1600. Artinya di laptop tersebut terpasang dua RAM dengan kecepatan 1600.
  3. Terakhir, ketik perintah exit untuk menutup Command Prompt.

Demikianlah cara mengetahui kecepatan RAM yang terpasang pada komputer. Semoga bermanfaat.

Sumber: Laman ITCFB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *