Koalisi Pemuda Hijau Indonesia Gelar Aksi Hijau Bertajuk “KOPHI SENUSA” Di Kepulauan Seribu

Tiga hari setelah peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke-71, KOPHI menggelar kegiatan edukasi wisata bertempat di Pulau Perak dan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Jakarta. Kegiatan dengan tajuk KOPHI Senusa (Sejukkan Nusantara) ini ditujukan agar terbentuknya kepedulian masyarakat terhadap wisata alam agar selanjutnya mampu meningkatkan kualitas pariwisata Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung pada 20-21 Agustus 2016 tersebut diikuti oleh masyarakat umum dan perwakilan dari berbagai komunitas peduli lingkungan di Jakarta. Program 2 hari 1 malam tersebut menawarkan acara-acara menarik mulai dari pembekalan sistem persampahan di kawasan pesisir, transpalasi karang, penanaman pohon mangrove, snorkling, dan eduwisata ke taman biota.

Pelestarian sektor pariwisata menjadi isu utama yang diangkat oleh KOPHI pada penyelenggaraan KOPHI Senusa 2016. Ketua Umum KOPHI Oke Fifi Abriany mengungkapkan bahwa pelestarian kawasan wisata menjadi salah satu tanggung jawab KOPHI sebagai representasi pemuda Indonesia. “Indonesia punya potensi wisata yang baik, sayangnya belum dioptimalkan dan dijaga. Oleh sebab itu, KOPHI merasa bertanggungjawab untuk andil dalam pelestarian kawasan alamnya”, tutur Fifi.

Antusiasme para peserta sudah terpancar semenjak pemberangkatan melalui Dermaga Kaliadem, Jakarta Utara. Peserta dengan total 50 orang ini dengan gembira mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Tawa dan canda menjadi pelengkap sebagai pertanda tidak ada batas dalam usaha pelestarian lingkungan. Hal itu diungkapkan oleh Irfan mewakili Earth Hour, “Seneng banget bisa ikut acara ini dan kenal sama pesertanya. Saya bisa turun ke laut buat tanam mangrove dan transplatasi karang. Pokoknya kasih pengalaman baru deh”.

Sumber: Website KOPHI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *