3foil.id; Komunitas Anak Muda Penggila Adidas

Hobi mengoleksi sebuah benda, membuat sebagian orang membuat sebuah wadah untuk berkumpul. Hanya sekadar sharing, sampai bertukar barang yang belum dimiliki, menjadi aktivitas yang dilakukan komunitas ini.

Seperti halnya yang dilakukan komunitas 3foil.id, yang merupakan sebuah komunitas yang anggotanya menyukai sebuah brand bernama Adidas. Mulai dari sepatu sampai aksesoris juga dikoleksi bersama-sama. Kenalan lebih jauh dengan komunitas 3foil.id ini yuk.

Menampik disebut komunitas jual beli barang, komunitas ini memamerkan berbagai macam koleksi Adidas, mulai dari sepatu, aksesoris, sampai merchandise asli. Tidak hanya itu, para anggota komunitas ini juga memberi informasi tentang cara membedakan Adidas original atau palsu.

“Komunitas 3foil.id ini juga mengedukasi teman-temannya mengenai cara membedakan mana sepatu yang asli dan tidak. Edukasi itu juga menyarankan kepada teman-teman agar mempunyai sepatu yang asli, karena menghargai kaki masing-masing orang juga,” ungkap Founder Komunitas 3foil.id, Tubagus Arga Putra.

Dia pun menjelaskan sejarah pembentukan komunitas dari produk yang berlambangkan daun itu. Awalnya, mereka hanya ingin memberi nama Original.id.

“Tercetus 3foil.id bermula dari keberadaan sebuah komunitas sepatu Indonesia di Facebook, namanya Indonesia Sneaker Team (IST). Teman-teman yang ada di sini sering postingnya Adidas terus, lama-lama kami kirim pesan ke dalam, membahas mengenai kesukaan terhadap sepatu Adidas, seperti keluaran produk terbaru. Kemudian ketika pertama kali kami ketemuan dan ngobrol, enggak sampai kepikiran membuat sebuah komunitas. Ternyata, semakin banyak ketemuan sama anak-anak, kami pun bikin satu grup yang spesifik ke hobi Adidas dengan tetap berkiblat ke IST karena di sanalah awal pertemuan kami, jadilah 3foil.id,” jelasnya.

Arga mengakui, anggota awal komunitas ini hanya ada delapan orang. Namun sekarang sudah berkembang menjadi 15 orang. Akhirnya, terbentuklah komunitas tersebut pada 27 Agustus 2013, dengan perkembangan yang sangat melaju pesat.

“Tiga bulan pertama saja sudah 3.000 (orang), pokoknya tiap hari ada saja yang masuk karena ada yang ingin tahu. Ada yang memang benar-benar pecinta Adidas, dan ada juga yang memantau ternyata ada juga komunitas penyuka Adidas. Dari situ, mereka melihat dan menjadi bergabung,” tambah dia.

Tapi, mengapa ya mereka menyukai Adidas? Menurut Arga, masing-masing anggota akan mempunyai alasan tersendiri. Ada yang menyukai sejarahnya, melihat dari lambangnya yang khas, hingga kapan sepatu tersebut dirilis.

“Jika berbicara mengenai kualitas, setiap produk pasti mempunyai standar kualitas masing-masing, layaknya Adidas. Khusus untuk sepatu, Adidas dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu performance termasuksport atau olahraga, kasual, dan original. Jika untuk Komunitas 3foil.id kategori original,” beber dia.

Tak hanya sepatu, anggota Komunitas 3foil.id lainnya, Aryu Anggoro bercerita, di dalam komunitas 3foil.id, anggotanya juga mengoleksi baju, jaket, aksesoris, tas, dan topi. Pada intinya, selagi masih ada logo Adidas, maka mereka akan memburunya.

Masalah pembelian, anggota komunitas 3foil.id bisa membelinya langsung di toko atau toko online. Adapun untuk harga, sudah pasti mereka tidak akan terlalu memusingkannya. Namanya hobi, semahal apa pun sebuah benda, pasti akan dibeli tanpa alasan. Kendati harga barang tersebut bisa mencapai puluhan juta rupiah.

“Dari mulai second hingga Rp100 ribu ada, yang mahal pun juga ada. Jadi enggak terpatok bahwa barangnya harus mahal dan bisa masuk ke komunitas, selama itu butut atau bekas tapi asli tidak masalah, karena setiap produk punya history sendiri-sendiri. Selama yang dipakai Adidas dan original tetap kita rangkul,” tuturnya.

Perkembangan komunitas yang begitu cepat, membuat anggota 3foil.id sudah mencapai 6.500 orang di fan page Facebook. Para anggotanya pun bukan hanya berasal dari Indonesia saja, tapi dari negara lain seperti Jepang, Jerman, Inggris, Malaysia, dan Singapura.

“Dan mereka support selalu memposting foto, seperti dari mereka semuasupport, di negara mereka sendiri tidak ada yang sebesar Komunitas 3foil.id,” tutur dia.

Sumber: Okezone

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *