YAPEKA: Bergerak dengan Tingkatkan Pendidikan Konservasi Alam

YAPEKA (YAYASAN PENDIDIKAN KONSERVASI ALAM) berdiri sejak tahun 2000 sebagai suatu yayasan yang bergerak dalam bidang konservasi sumber daya alam yang menitikberatkan kepada pendidikan konservasi alam. Program ini memperkenalkan sebuah konsep mencintai dan mengenal alam melalui aktivitas kegiatan alam terbuka dalam bentuk apapun yang merupakan program untuk mengenalkan keanekaragaman hayati alam Indonesia sekaligus membangun kesadaran akan pentingnya kelestarian dan kelangsungan hidup biodiversity yang ada di dalamnya.

Pengembangan program terus berjalan melalui uji coba dan studi banding ke beberapa tempat sejenis yang memiliki program Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) guna menghasilkan kemasan program yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik sosial yang ada di Indonesia saat ini.  Sejak pertengahan tahun 2002, melalui konsep bermain dan belajar, YAPEKA berupaya lebih berkonsentrasi pada program-program rekreasi dan pendidikan yang didasari metode learning by doing dan terbukti efektif bagi semua kalangan yang mengikuti program di  YAPEKA.

Tahap pendewasaan dan proses belajar yang panjang serta berbagai uji coba telah menghasilkan banyak pengalaman bagi para penggiat program PLH yang mendukung YAPEKA, mengarahkan  pada profesionalisme dan kematangan untuk membuat dan mengarahkan program YAPEKA  dalam bidang pelestarian dan perlindungan sumber daya alam dengan mengetengahkan pengelolaan kawasan konservasi yang berbasiskan kemasyarakatan, maka program  ini menapaki benang merah-nya dengan memperkuat konsistensi perkembangan kreativitas dan ketajaman sensitivitas guna menyikapi terjadinya penurunan kualitas SDA serta tidak akan pernah lekang oleh waktu dalam atmosfer percepatan perubahan zaman yang begitu pesat tanpa bisa terprediksi sebelumnya.

Berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan  pendidikan lingkungan hidup adalah upaya atau aktivitas yang dilakukan oleh berbagai pihak dan atau elemen masyarakat dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai serta isu permasalahan lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakkan peran aktif masyarakat dalam upaya pelestarian dan penyelamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang.  Beberapa kegiatan YAPEKA tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, baik secara kelembagaan maupun personal yang tergabung dalam YAPEKA.

Sumber: Laman blog YAPEKA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *