Trik Pasang Lampu Sein Spion Ala Honda Brio Community

Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan jadi pilihan menarik untuk rute kota besar yang padat. Selain bentuknya yang pas, harsganya pun bersahabat. Namanya juga mobil murah ramah lingkungan, tidak banyak fitur yang diberikan. Jika ingin menambah kesan mewah dan elegan, harus mengakalinya sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh Arde Lonanda dari Honda Brio Community (HBC). Dengan kreatifitasnya, dia bisa memasangkan lampu sein di spion Honda Brio miliknya.   “Kalau beli di toko yang langsung tinggal pasang, kurang bagus dilihatnya. Spion jadi terlihat lebih besar dan harganya pun cukup mahal,” jelas Arde, sapaan akrabnya.

Versi Arde, lampu sein yang dibuat ini tidak membuat spion jadi lebih besar, karena tidak memakai cover tambahan seperti yang dijual di toko. Karena tidak pakai cover tambahan, lampu sein ini harus melubangi cover spion bawaan Brio, untuk menaruh lampu LED sein. Jadi lebih sedap dipandang.

“Biar kelihatan lebih orisinal juga. Seakan-akan udah bawaan dari dealernya pakai lampu sein spion,” tambah pria ramah ini. Harga untuk membuat lampu sein ini enggak terlalu mahal, dengan Rp 500 ribu sudah bisa buat lampu sein ini, harga tadi sudah berikut dengan ongkos pemasangan.

Beda dengan harga cover sein plug and play versi toko, yang harganya bisa lebih dari Rp 800 ribu. “Untuk harga cover sein Honda Brio satuannya Rp 832.700 dan ongkos pasang untuk satu spion Rp 75 ribu,” ungkap Arief dari Prima Jaya Motor di pusat onderdil pasar Palmerah blok A lantai 3 No.14, Jaksel.

Bagaimana cara pasangnya, langsung lihat foto berikut ya;
1. Lampu LED yang digunakan untuk lampu sein spion.
2. Copot cover spion dan lakukan pengemalan dengan menggunakan isolasi kertas dan pensil.
3. Lubangi dengan bor dan potong dengan menggunkann mata gergaji ukuran kecil.
4. Tempel lampu, bisa menggunakan sealant agar kuat dan rapih.
5. Sambungkan kabel dengan sein fender.
6. Spion pun akan terlihat lebih manis dan elegan.

Sumber: Otomotif Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *