Gorontalo Biodiversity Forum: Puisi Untuk Kampanye Burung Migran di Gorontalo

Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Forum Gorontalo Biodiversity mengggelar kampanye burung migran di Danau Limboto, Sabtu (24/9/2016), melalui kelas menulis puisi.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Festival Burung Migran tersebut dilakukan di Dermaga Hutadaa, tepi Danau Limboto dan diawali dengan materi tentang burung lokal dan burung migran yang dipaparkan anggota Gorontalo Biodiversity Rosyid Azhar dan Danny Rogi.

“Kami mengenalkan ragam burung yang ada sebagai bahan peserta menulis puisi. Selain habitat dan perilaku, ancaman kelestarian dan mitos juga dapat menjadi tulisan yang menarik untuk kampanye penyelamatan danau kritis ini,” kata Rosyid.

Di danau tersebut hidup burung penetap di antaranya mandar, kuntul, elang, gagang bayam dan blekok. Sedangkan burung migran di antaranya berkik, kirik-kirik laut, trinil, kedidi.

Kelas menulis yang digelar Kantor Bahasa merupakan pertemuan yang ke-11.

“Kali ini kami gelar di danau agar peserta bisa merekam, menangkap, dan menyalin momen puitis di luar ruang,” kata Sastrawan Gorontalo, Jamil Massa.

Menurut dia, danau tersebut merupakan pusat kosmis orang Gorontalo. Berbagai tradisi dan kehidupan berkembang dalam masyarakat di pesisir danau.

“Pertemuan hari ini setidaknya membuka mata kita bahwa danau merupakan tempat persinggahan burung migran yang memiliki ruang hidup di hampir seluruh bagian dunia. Dengan demikian danau ini menjadi salah satu penghubung antara masyarakat Gorontalo dan lingkungan global,” katanya.

Puisi-puisi yang dihasilkan para peserta akan dikumpulkan, sebagai bahan antologi buku puisi yang akan diterbitkan Kantor Bahasa.

Sumber: Netral News

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *