Cara Cerdas Mengatur Barang Bawaan Saat Liburan

Selain mencari destinasi liburan, menyusun jadwal kegiatan, mencari tiket promo, memilih hotel/penginapan, dan seabrek hal penting lain yang perlu disiapkan sebelum pergi liburan. Kita juga harus piawai dalam mengatur barang bawaan, bukan? Tentu kita ingin semua kebutuhan terpenuhi, namun kemampuan menggeret koper dan kapasitas bagasi yang terbatas mengharuskan kita cerdas mengakali apa saja yang perlu dibawa dan bagaimana mengemasnya.

Perhatikap tips untuk membawa barang saat liburan, yang ditulis oleh Maya Nirmala Sari dari Komunitas Backpacker Jakarta;

  • Tips pertama adalah menggulung pakaian. Pilih pakaian mana yang dapat digulung, dan untuk yang berbahan tebal seperti jaket, cukup dilipat. Dengan menggulung pakaian dan meletakannya di sudut koper akan membuat banyak ruang tersisa di dalam koper untuk barang lainnya. kemudian urutkan sesuai rencana kapan pakaian tersebut dikenakan. Letakan pakaian paling atas untuk yang akan dipakai paling awal.
  • Untuk barang yang mudah pecah, bungkus dengan bahan yang empuk. Misalnya bungkus gelas dengan pakaian. Atau kelilingi botol kaca dengan jaket.
  • Kelompokan barang sesuai kategorinya dalam wadah tas kecil-kecil. Seperti peralatan mandi dalam satu wadah. Kosmetik dalam satu wadah. Charger dan powerbank dalam satu wadah. jangan lupa untuk menggunakan wadah yang kedap air untuk mencegah cairan tumpah di dalam tas/koper.
  • Jangan terlalu banyak membawa barang hanya karena untuk “jaga-jaga jika dibutuhkan”. Pilihlah barang apa yang memang perlu dibawa dari rumah dan barang apa yang lebih baik beli di lokasi tujuan.
  • Bijak dalam membawa oleh-oleh. Kebanyakan jenis oleh-oleh sudah dijual juga di kota tempat kita tinggal. Jadi teliti sebelum membeli, pastikan buah tangan yang kita beli memang spesial dari sisi jenis, bentuk, dan harga yang sulit diperoleh di kota asal.
  • Jangan menyimpan uang dan dokumen penting di dalam koper. Pastingan barang berharga di simpan di tempat yang aman.

Nah, semoga tips ini bermanfaat ya! Teman-teman dapat menambahkan tips lain di kolom komentar. Selamat berlibur!

Sumber: Backpacker Jakarta

Sumber Foto: Cruise Critic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *