Gerakan Seribu Cupak (GSC); Santuni Fakir Miskin Setiap Awal Bulan

Sekecil apapun perbuatan terpuji lebih berharga daripada hanya sebatas omongan belaka. Kalimat ini setidaknya menjadi renungan bersama bagi kita semua.

Seperti yang dilakukan warga Desa Pulo Geto Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang yang bergerak dalam dengan menamakan kegiatan mereka yakni  Gerakan Seribu Cupak (GSC). Aksi sosial mengumpulkan uang sebesar Rp 20.000/orang atau bisa juga dalam bentuk berasini tergabung dalam kelompok yang kini jumlah anggotanya sudah mencapai 21 orang.

Setelah terkumpul, beras itu akan disalurkan kepada warga yang kurang mampu masing-masing menerima 2 cupak (3 liter) beras setiap awal bulan. “Setiap tanggal 1 atau 2 kami menyalurkan bantuan dalam bentuk beras. Selanjutnya setelah terkumpul, kami bagikan khususnya untuk warga desa kami dulu lalu kemudian untuk warga desa lain yang sesuai kriteria kami,” kata salah seorang anggota, Sandi Pratama.

Kendati demikian, sambung Sandi,apa yang sudah ia dan rekan-rekan lainnya itu lakukan dengan ikhlas, masih ada saja orang-orang yang membicarakan hal-hal miring. Terlebih, katanya lagi, ketika mereka menyalurkan bantuan beras tersebut kepada warga fakir miskin dan lanjut usia.

“Banyak pertanyaan dari orang-orang yang terkadangsedikit menyinggung dari apa yang telah kami lakukan ini. Ada yang menudingdari kami ini ada yang mau calon kades. Ada juga yang bilang sok peduli, bahkan menanyakan legalitas. Tapi semuanya itu kami hadapi dengan senyuman. Karena apa yang kami lakukan ini tulus/iklhas tanpa ada kepentingan- kepentingan apapun apalagi politik,” sambungnya.

Sandi juga mengatakan, kelompok yang mulanya dibentuk 4 orang sekitar 8 bulan ini, Alhamdulillaah kian hari kian bertambah. Kelompok GSC ini juga masih mengharapkan kepada masyarakat untuk memberikan data warga yang kurang mampu di sekitar lingkungannya kepada komunitasnyake 0853 6757 0480 – 0852 6920 8705. “Nanti akan kita tindaklanjuti dan Insya Allaah akan diakomodir,” tambahnya.

Termasuk, sambung Sandi, jika ada warga yang ingin aktif di GSC ini silakan bergabung dengan menghubungi  komunitasnya atau bisa langsung ke Sekretariat GSC di Desa Pulo Geto Kecamatan Merigi, Kepahiang. Ia pun juga berharap semoga banyak warga yang terketuk nuraninya untuk bisa memberi manfaat kepada sesama.

“Diharapkan kepada siapapun warga khususnya di lingkungan Kecamatan Merigi agar memberitahu kami jika ada wargafakir miskin atau lanjut usia (lansia) yang layak dibantu. Besar harapan juga, gerakan ini bisa bermanfaat bagi kami dan masyarakat,” pungkas Sandi.

Sumber: Redaksi Bengkulu

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *