Lestarikan Budaya Peranakan, Yuk, dan Bikin Paohi Gulungmu Sendiri!

Resep paohi gulung yang menggiurkan ini dapat ditemukan di laman ASPERTINA. Seperti yang kita etahui bersama, ASPERTINA merupakan sebuah organisasi yang memperjuangkan pelestarian kesenian dan budaya Tionghoa di Indonesia. Nah, kini giliranmu memperjuangkan kesenian kuliner Tionghoa! Gulung paohi dan nikmati bersama kakak dan adikmu!

Waktu memasak : 45 menit

Untuk : 4 porsi

Bahan

2 siung bawang putih, cincang

2 sdm minyak goreng

250 daging ayam, cincang

125 udang kupas,cincang

1 sdmkecap ikan

½ sdm merica bubuk

¼ sdt garam

1 sdm tepung kanji

1 kaleng (425 g) paohi (abalone)

1 sdm tepung kanji, larutkan dalam sedikit air, untuk olesan

100 g asparagu

Saus

1 sdt minyak goreng

1 siung bawang putih cincang

1 sdt jahe cincang

100 ml kaldu ayam/air yang keluar bekas mengetim paohi

½ sdt garam

1 sdt gula pasir

1 sdm saus tiram

1 sdt tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Cara memasak

Campur bawang putih, minyak, ayam dan udang, aduk hingga rata.  Tambahkan kecap asin, merica, garam,  dan tepung kanji, aduk rata. Bagi adonan menjadi 30 bagian. Iris-iris tipis paohi sehingga berbentuk lebar. Olesi permukaannnya dengan larutan tepung kanji.

Ambil 1 lembar paohi, taruh 1 bagian adonanan ayam-udang di permukaannya, ratakan, taruh 1 potong asparagus di atasnya lalu gulung

Panaskan air di dalam dandang hingga mendidih . Taruh paohi gulung dalam Loyang/pinggan tahan panas. Masukkan Loyang/pinggan ke dalam dandang, kukus hingga matang (kurang lebih 30 menit). Angkat, tampung dan sisihkan cairan yang keluar.

Cara membuat saus  

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis, bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan cairan dari paohi kukus. Tambahkan garam, gula, saus tiram, dan larutan tepung, aduk hingga kental, angkat. Taruh paohi gulung di atas piring saji, tuangi saus diatasnya, hidangkan.

Sumber: Laman ASPERTINA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *