Sekolah Gajah Wong: Sekolah untuk Ubah Nasib Anak-Anak Gajah Wong

Tim Advokasi Arus Bawah atau disingkat TAABAH mempelopori penyelenggaraan sekolah pendidikan anak usia dini atau paud yang diberi nama Sekolah Gajah Wong. Sekolah ini ditujukan bagi warga pinggir sungai Gajah Wong yang notabene warga pengemis dan pengamen.

Kegiatan serta advokasi yang dilakukan oleh TAABAH membawa komunitas ini bisa terpenuhi hak-hak dasarnya sebagai warga negara Indonesia. Dari berbagai kegiatan pemberdayaannya yang belum banyak tersentuh adalah keberadaan anak-anak khususnya pada anak usia dini yang setiap tahun semakin bertambah jumlahnya. Anak-anak di tempat ini masih dilibatkan dalam urusan kebutuhan ekonomi seperti mengamen, mengemis, memulung dan lain sebagainya.

Mereka menamai komunitasnya sebagai Komunitas Ledhok Timoho yang mendiami Kawasan Timoho timur Yogyakarta, tepat di pinggir sungai Gajah Wong. Satu-satunya akses keluar masuk warga adalah jalan selebar 1.5 meter. Warga komunitas tinggal di sekitar jembatan peninggalan pemerintah orde baru yang selesai dibangun pada tahun 1998.

Perjuangan Komunitas Ledhok Timoho mendirikan sekolah Gajah Wong mendapat titik terang. Beberapa waktu lalu sekolah ini diresmikan. Warga Komunitas Ledhok Timoho bergotong royong mengadakan acara peresmian Sekolah Gajah Wong.

Acara dengan tajuk Festival Sekolah Gajah Wong dibuat sebagai seremoni peresmian. Barang-barang bekas serta sampah-sampah yang dalam kesehariannya sangat erat dengan masyarakat ini menjadi bahan baku untuk hiasan dan aksesories selama acara berlangsung. Anak-anak serta rekan-rekan seniman jalanan pun diberi kesempatan untuk tampil dipanggung sederhana ini. Turut hadir pula putri sulung Sri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Pembayun yang dalam kesempatan itu menandatangani batu peresmian gedung Sekolah Gajah Wong.

Komunitas Ledhok Timoho saat ini telah beranggotakan 179 jiwa yang terdiri dari 55 Kepala Keluarga. Komunitas ini berharap segera mendapat pengakuan dari pemerintah secara administratif. Mereka berharap keberadaan komunitas ini bisa diakui melalui pemekaran wilayah RT baru di Kelurahan Muja Muju atau menjadi bagian wilayah administratif RT yang sudah ada.

Sekolah Gajah Wong diharapkan bisa mengubah nasib garis keturunan warga Komunitas Ledhok Timoho. Mereka kini berkeinginan kuat agar anak-anaknya kelak memiliki nasib yang lebih baik dengan bekal ilmu yang didapat dari bangku sekolah.

Sumber: Blog Ledhok Timoho

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *