Tips Ngeblog Ala Founder Kumpulan Emak Blogger

Emak pasti sering mendengar nama Mira Sahid? Iyap! Founder komunitas blogger perempuan dengan nama Kumpulan Emak Blogger (KEB). Kali ini, ia berbagi cerita seputar dunia blog buat Emak Pintar. Sssttt, ada juga tips praktisnya buat Emak yang hobi ngeblog agar melesat.

Emak yang mengaku tengah menikmati dunia motherhood ini, sudah ngeblog sejak tahun 2008. Uniknya, ia ngeblog justru menuliskan seputar pengalaman dalam menjalankan bisnis MLM. Namun, seiring berjalannya waktu, aktivitas ngeblognya mulai bercerita tentang pengalaman sehari-hari hingga kehidupan social. Mulai dari cerita anak-anak, keluarga, pertemanan, masalah kehidupan, dan lainnya

Saat bergabung di group BBM “Emak Blogger”, Emak kelahiran Bandung ini malah sedang tidak aktif ngeblog. Dari grup tersebut, tercetus membuat komunitas di FB KEB pada tahun 2012. Ternyata saat group tersebut dibuat, responnya positif hingga terkumpul 100 blogger dari berbagai wilayah dalam satu hari. Saat ini, jumlah anggotanya makin bertambah terus hingga mencapai angka ribuan.

Emak yang bekerja di salah satu perusahan agency untuk brand sebagai Community Manager ini, merasakan banyak pengalaman menyenangkan selama menjadi blogger. “Tapi ada satu hal yang bisa saya sharing. Ketika akhirnya saya bisa membuat rumah KEB ini, sebuah komunitas yang menyatukan berbagai perempuan untuk ngeblog, berbagai inspirasi, dan juga memperluas networking, dan memberikan kesempatan kepada semua membernya untuk berkembang dengan caranya masing-masing,” tulisnya saat wawancara online.

Bagi Emak yang juga mengajar yoga sesuai permintaan ini, ada banyak manfaat ngeblog, khususnya bagi kalangan emak. Setidaknya apa yang Emak tulis di blognya akan memberikan pelajaran dan wawasan bagi pembacanya. Sebaliknya, Emak pun akan mendapatkan banyak pengetahuan dari posting emak blogger yang lain. “Dan yang paling signifikan, ngeblog tidak hanya sekedar memberikan manfaat bagi orang lain, tapi juga untuk dirinya sendiri. Ngeblog bisa menjadi terapi diri sendiri untuk melepaskan berbagai rasa, pikiran, atau juga hal lainnya. Karena melalui blog setiap orang bisa berkarya,” dalihnya.

Nah, ini dia tips ngeblog ala Mira Sahid:
1.Jangan berpikir yang terlalu berat dulu tapi jadilah diri sendiri dulu saat mau ngeblog. Pasalnya, banyak yang bertanya kepadanya soal bagaimana awalnya harus ngeblog? Bagaimana supaya tulisan nyaman dibaca? Bagaimana supaya dari blog bisa mendapatkan penghasilan? Dan pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan teknis.
2.Biasakan menulis berdasarkan pikiran diri sendiri. Namun tetap belajar dengan cara terus membaca tulisan orang lain, dan tak perlu sedih kalau ada yang berkomentar pedas soal tulisan Emak. Selama tulisan Emak tidak mengandung unsur sara, pornografi, dan perdebatan negatif, anggap saja kritik tersebut untuk membuat lebih baik.
3.Yang penting konsisten dan jangan pernah menyerah dengan kata bosan.
4.Peluas networking.
5.Selebihnya “Tetaplah menulis, maka kamu akan tau siapa dirimu.” – Mira Sahid-

Untuk poin keempat, Emak bisa memperluas jaringan dengan bergabung di komunitas. Emak yang hobi berenang ini memberi pesan, “Sebelum masuk ke dalam sebuah komunitas, sebaiknya sesuaikan dulu dengan kebutuhan dan passion Emak masing-masing. Jadi tidak hanya pengin tahu saja atau istilahnya kepo. Selain itu, komunitas juga sangat berperan penting dalam proses pengembangan diri.” Intinya, Jika Emak sudah bergabung dalam sebuah komunitas dan kemudian mengalami proses pengembagan diri, jangan lupa untuk tetap berbagi dan memberikan pengalamannya di komunitas tersebut.

Sumber: EMAK PINTAR ASIA

FOTO; INDOWNALL.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *