Peringati Hari Pahlawan, Komunitas Pramuka Peduli Gelar Pawai Obor Api

Komunitas Pramuka Peduli memperingati Hari Pahlawan 10 November dengan mengadakan Pawai Obor Api Hargai Jasa Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kecamatan Palibelo. Api Obor Hargai Jasa Pahlawan dibawa 71 orang adik – adik Pramuka Komunitas Pramuka Peduli dari cabang Talabiu menuju Taman Makam Pahlawan, Rabu (09/10).‎

Sebelumnya, rangkaian Peringatan Hari Pahlawan Komunitas pramuka peduli telah melakukan berbagai kegiatan, diantaranya  Bhakti Pahlawan dengan membagikan Paket Peduli kepada veteran dan janda Pahlawan.‎

Pawai Api Obor Hargai Jasa Pahlawan mengirim pesan dan makna bahwa generasi muda harus membakar semangat untuk menghargai jasa Pahlawan ‎.

‘Jadi, kami ingin memiliki kesan kuat bahwa pesan dari Hari Pahlawan ke-71 digaungkan peserta pawai api Obor Hargai Jasa Pahlawan sebanyak 71 adik – adik Pramuka,’ Kata Arief Rachman Koordinator Komunitas Pramuka Peduli‎

Menurut Arief pesan yang ingin disampaikan pada peringatan hari Pahlawan 2016 adalah melalui semangat api obor Hargai Jasa Pahlawan kita menggelora semangat Mencintai Perjuangan para pahlawan dengan mengingat dan menjadikan jasa – jasa mereka sebagai api semangat perjuangan dan berkarya.‎

‘Jadikan semangat perjuangan pahlawan sebagai pemacu untuk berkarya, semangat belajar dan selalu menggelorakan api semangat berkorban untuk meraih cita -cita,’ pesan Arief.

Arief juga mengingatkan adik – adik untuk menjauhi narkotika dan obat-obat terlarang seperti tarmadol. Karena mengkonsumsi obat tersebut bukanlah cerminan Patriot Dasa Darma.‎

Sementara itu, obor api Harga Jasa Pahlawan yang dibawa oleh 71 adik-adik komunitas pramuka peduli diserahkan oleh adik Komunitas Pramuka Peduli ‎kepada Agus Supriyadi Satgas Komunitas Pramuka Peduli.

‎Agus saat menerima obor adik – adik pramuka mengatakan, ‎sebagai penerus perjuangan di Hari Pahlawan mari kita menggelorakan menjadi Patriot Dasa Darma. Selamat Hari Pahlawan ke-71 dari 71 Obor Api Komunitas Pramuka Peduli‎.

Koordinator Komunitas Pramuka Peduli Arief Rachman bertindak selaku Inspektur Upacara tabur bunga diperairan Benteng Asakota pada upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-71 Tahun 2016. Bertindak sebagai Komandan upacara Agus Supriyadi. Upacara Tabur Bunga di Benteng Asakota diikuti adik-adik Komunitas Pramuka Peduli dari Gudep SMA Kae, Gudep Al-Khairiyah dan Gudep SMPN 1 Palebelo.

Upacara ditandai dengan hening cipta dan pelarungan bunga ke laut Benteng Asakota oleh Inspektur Upacara dilanjutkan penaburan bunga adik-adik Komunitas Pramuka Peduli.

Upacara tabur bunga di laut ini, merupakan momentum untuk memperingati perjuangan para pahlawan laut  yang gugur  demi membela dan menegakkan kedaulatan NKRI. Tema Hari Pahlawan Komunitas Pramuka Peduli tahun ini adalah “Hargai Jasa Para Pahlawan”.

Selain tabur bunga di laut Benteng Asakota malamnya dilaksanakanan Pawai Gerak Api Obor Hargai Jasa Pahlawan  dan Renungan Malam di Taman Makam Pahlawan. Arief mengatakan bahwa, peringatan Hari Pahlawan seperti ini sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan / pejuang pendahulu kita, seperti yang dikutip dari The Founding Fathers Bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar , ” kata Arief.

Lebih lanjut Arief menyampaikan bahwa bukan hanya pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, tetapi di Benteng Asakota ini pernah terjadi pertempuran hebat oleh para pejuang dana Mbojo yang juga merupakan peristiwa heroik karena memerlukan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negara baik jiwa raga dan harta dalam merebut serta mempertahankan Republik Indonesia.

Hari Pahlawan yang kita peringati disamping untuk mengenang dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan juga dilaksanakan untuk menumbuhkankembangkan nilai kepahlawanan sebagai modal sosial untuk kemudian mengimplementasikan dan mendayaguganakannya dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah-masalah sosial lainnya.

Sumber: KAMPUNG MEDIA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *