Komunitas Barca Angel; Wadah Kaum Hawa Penggemar Klub Bola Asal Spanyol

Sama-sama menggemari klub sepakbola Barcelona, membuat sekumpulan perempuan ini membentuk komunitas Barca Angel pada 2009. Di awali fakta yang terdapat di induk komunitas yang bernama Indo Barca, ternyata ada beberapa kaum Hawa yang juga menggemari klub asal Spanyol ini. Lalu, dari hasil obrolan mereka, tercetus ide agar dibuat ‘angel’ untuk klub Indo Barca. Walaupun sebetulnya, di negara asalnya tidak ada Barca Angel.

Kegiatan mereka tentu saja tidak terlepas dari komunitas Indo Barca. Namun yang istimewa, jika biasanya dalam dunia sepak bola perempuan hanya menjadi tim ‘hore’ (penyemangat), Barca Angel bukan cuma jadi pemanis saja. Mereka serius berlatih futsal, menambah pengetahuan soal sepakbola, dan informasi mutakhir terkait klub idola. Soal penampilan fisik para pemain klub Barcelona pun tak dipungkiri menjadi daya tarik mereka. Sampai-sampai ada anggota Barca Angel yang menangis saat David Villa keluar dari klub.

Positifnya bergabung dalam komunitasi ini adalah, dengan mengikuti kegiatan yang mereka adakan, bisa jadi mengerti fans club itu seperti apa. Kegiatan rutin yang diadakan antara lain gathering tiap dua tahun sekali, latihan futsal, bakti sosial, dan nonton bareng pertandingan sepak bola. Meski pertandingan berlangsung sampai dini hari, tetap saja ada yang setia datang. Sementara futsal, dilakukan dua minggu sekali, tergantung berapa banyak anggota yang bisa ikut. Biasanya mereka berlatih di Tifosi Futsal Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur, di mana setiap latihan didampingi pelatih.

Selama lima tahun berjalan, anggota Barca Angel juga meluas ke seantero Indonesia dengan ribuan member. Ini membuktikan, ternyata banyak juga perempuan yang menyukai sepakbola. Beragam motivasi menjadi alasan mereka untuk bergabung. Ada yang tak paham sepakbola tapi punya keinginan kuat untuk bergabung. Dan setelah ikut kegiatan dan berlatih setiap minggu, jadi bisa bermain futsal di lapangan, meskipun aslinya sangat feminin. Ada juga yang bergabung karena diajak teman, atau pada dasarnya memang suka sepakbola dan suka nonton pertandingan beramai-ramai.

Anggota Barca Angel berasal dari beragam latar belakang, baik lajang maupun berkeluarga. Mereka adalah karyawati, mahasiswa, siswi SMP, juga ibu-ibu muda. Kadang pada saat gathering ada pula yang membawa anaknya sambil memakai kostum pemain Barcelona. Lucunya, jika ada kegiatan bersama Indo Barca, tentu para penggemar Barcelona baik lelaki maupun perempuan saling bertemu. Mereka antusias mengikuti setiap kegiatan. Bahkan ada juga yang terlibat cinta lokasi hingga akhirnya menikah.

Lalu, bagaimana syaratnya jika ingin bergabung ? Yang utama tentulah harus menyukai klub Barcelona dan tidak ikut klub serupa di liga yang sama. Dan agar lebih mudah menjangkau informasi, disarankan untuk mem-follow akun Twitter @INDOBARCA_ANGEL. Nantinya akan ada cara untuk mendapatkan kartu member. Keuntungan untuk member adalah bisa membeli merchandise dengan harga khusus, seperti kaus, scarf, pin, dan lainnya.

Rencana ke depannya Barca Angel akan mengusahakan agar komunitas mereka bisa diakui oleh FC Barcelona pusat di Spanyol. Mereka juga ingin lebih solid lagi, merasakan kebersamaan, dan kegembiraan dalam naungan Barca Angel.

Sumber: FEATURE INDONESIA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *