Milanisti Indonesia; Jalin Tali Silaturahmi Diantara Penggemar AC Milan

Tim sepakbola memang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya supporter, ibarat dua sisi mata uang keberadaan mereka memang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya, karena secara kodrati mereka memang saling membutuhkan satu sama lain. Sebab bagi sebuah tim sepakbola, keberadaan supporter memang sangat bermanfaat untuk memacu semangat ketika mereka sedang bertanding; begitu juga sebaliknya, bagi seorang supporter tentu sangatlah bangga jika ia bisa dekat dengan idolanya dan dapat mendukung tim kesayangannya.

Nah, ngomong-ngomong soal supporter sepakbola, tentunya kurang afdol apabila kita tidak berkenalan dengan Milanisti Indonesia. Mengapa? Karena komunitas ini berkaitan dengan tim sepakbola terkenal yang reputasinya sudah diakui dunia. Ya, inilah komunitas yang berisikan mereka para penggemar ataupun supporter dari tim kesebelasan sepakbola AC Milan, Italia.

Penggemar sepakbola pasti tahulah, siapa AC Milan itu. Karena tim sepakbola asal Italia ini memang begitu mencuri perhatian penggemar sepakbola di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Segudang prestasi telah diraih oleh tim asal Kota Milan tersebut, antara lain adalah 18 kali menjadi juara di Seri A Italia, 5 kali merebuat juara di Copa Italia, 6 kali meraih juara di Piala Super Italia, dan pernah 7 kali memenangkan Piala Champions.

Tidak hanya itu, AC Milan juga di kenal sebagai tim bertabur bintang. Sederet nama besar dunia di kancah persepakbolaan pernah ikut bergabung dan mengenakan baju merah hitam tim ini. Mereka itu anatara lain adalah Andriy Shevchenko, George Weah, Ronaldo, Ronaldinho, Roberto Baggio, Marco van Basten, Hernán Crespo, dan lain-lain.

Komunitas Milanisti Indonesia ini berdiri pada sekitar bulan Maret 2003. Berawal dari milis yang dijalankan oleh beberapa anggotanya. Lalu, setelah berjalan cukup lama, muncullah lontaran ide untuk mengadakan acara kopi darat, dengan tujuan untuk menjalin tali silaturahmi di antara penggemar AC Milan itu. “Nah, setelah mengadakan acara kopi darat itulah, tercetus ide untuk membentuk sebuah komunitas,” ujar Hendra, Presiden Milanisti Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, komunitas ini pun kian lama kian berkembang, jumlah anggota mereka terus bertambah setiap harinya. Saat ini, tercatat sudah ada sekitar 3.200 orang yang mendaftarkan diri untuk bergabung dengan komunitas ini. Ada 5.000 member di forumnya, dan 98.000 tergabung di fan page Milanisti Indonesia di Facebook, serta 35.000 followers di Twitter. Kumpulan angka yang benar-benar besar. Dan tentu saja sebanding dengan nama besar AC Milan di kancah persepakbolaan dunia.

Tidak hanya itu, saat ini, komunitas Milanisti Indonesia juga sudah memiliki cabang (sezione) di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Batam, Medan, Padang, Pekanbaru, Bengkulu, Cilegon, Malang, Jember, Palangkaraya, Surabaya, Bali, Makassar, Palu, hingga Manado.

Untuk mempererat tali silaturahmi di antara anggotanya, komunitas ini sering mengadakan beragam kegiatan yang menarik, mulai dari mengadakan acara nonton bareng pertandingan sepakbola, gathering, bakti sosial, hingga bermain futsal bersama. “Biasanya kita main futsal setiap seminggu sekali di Hanggar Futsal, Pancoran, Jakarta Selatan,” jelas Hendra.

Di mata Hendra, AC Milan adalah sebuah tim sepakbola yang begitu sempurna, baik dari segi permainan, prestasi, dan lain-lain. Lihat saja di musim ini, mereka berhasil menduduki peringkat kedua di bawah Juventus. “Dan kesempatan untuk meraih scudetto masih terbuka lebar,” jelas Hendra.

Sebagai seorang anggota sebuah fans club, seperti pada umumnya, Hendra mengaku dirinya juga memiliki beragam pernak-pernik yang berkaitan dengan AC Milan, mulai dari syal, jersey, foto, ataupun poster pemain AC Milan.

Nah, Anda penggemar klub AC Milan? Kalau ya, tidak ada salahnya jika Anda bergabung ke Milanisti Indonesia. Setidaknya, Anda akan memperoleh banyak informasi, kegiatan dan sharing seputar klub kesayangan Anda, AC Milan!

Sumber: ACMI 1899

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. jimmy Insagi says:

    mantap semoga Milanisti selalau jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *