Cara Custom Lampu Belakang Proton Savy jadi Fog Lamp

Ingin Proton Savvy tampil lebih gaya dan menarik? Komunitas mobil buatan Malaysia bernama Savvier Indonesia ini banyak yang mengaplikasi fog lamp belakang pada tunggangannya. Mereka meng-custom fungsi salah satu lampu belakang menjadi fog lamp.

“Modifikasi ini terinspirasi dari sedan Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz dan Honda yang di kebanyakan tipe sudah memiliki fog lamp belakang,” ujar Frans Winata, salah satu anggota Savvier Indonesia. Di Jepang, Amerika Serikat dan Eropa, hampir setiap mobil yang diproduksi memiliki lampu kabut di bagian depan maupun belakang.

“Kalau di luar negeri fog lamp fungsinya saat berkendara saat musim hujan, musim salju dan saat ada kabut,” ujar Frans. Kalau di Tanah Air, fungsi utamanya menambah daya pengelihatan di kala hujan dan kabut. Cara custom-nya sebenarnya susah-susah gampang.

Cuma membutuhkan konsentrasi lebih. Karena berhubungan dengan sistem kelistrikan. Ingin tahu lebih lanjut caranya? Silahkan simak lebih lanjut. • 

  • Siapkan obeng plus (+) untuk membuka 3 sekrup yang berada di batok lampu.
  • Pada Savvy, ada 2 soket untuk lampu senja dan rem. Soket 1 berfungsi untuk lampu senja, soket 2 untuk lampu saat pengereman. Lalu, kabel yang berada di soket 1 dicopot dan dipindahkan ke soket 2.
  • Bila menyilaukan bagi pengendara lain, bohlam dapat diganti dengan bohlam LED. Tapi harus yang ‘berkaki’ 2.
  • Hasil akhir bila lampu senja sudah menyala, fog lamp akan otomatis menyala bersamaan dengan lampu senja.

Sumber: OTOMOTIFNET

Foto dari Best Car Mag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *