Yuk, Pasang Shift Knob Bubble LED di Mobil!

Salah satu aksesori yang cukup sering diganti pada kendaraan modifikasi adalah shift knob. Salah satu yang lagi jadi tren tentunya model bubble yang ditambahi dengan LED. Jadi ketika berkendara di malam hari, nuansa kabin jadi lebih terang.

Di komunitas Nozzle, sudah beberapa kendaraan yang terjangkit virus shift knob bubble ini. “Buat lucu-lucuan aja sih. Lagi pada bosan dengan model konservatif,” terang Defin Devara, bendahara di komunitas ini.

Tercatat sudah 4 kendaraan anggota Nozzle yang mengaplikasi, contohnya Toyota Kijang Innova, Soluna, Mazda2 dan Honda Genio. Pilihan warna juga cukup beragam ada merah, biru, ungu, kuning dan putih.

Tapi ingat, shift knob seharga Rp 350 ribu ini tidak bisa diaplikasi pada kendaraan yang mempunyai shift lock di transmisi otomatis, contohnya Honda. Soalnya pada tuas persneling terdapat tombol untuk memindahkan persneling dari posisi P ke R ataupun dari posisi D ke R.

Model shift knob ini hanya bisa digunakan pada tuas transmisi model gate seperti pada keluaran Toyota. Kalau pada kendaraan transmisi manual tentu tidak ada masalah sama sekali. Nozzle dan OTOMOTIF coba pasang pada Mazda2 milik salah satu anggota.

Bagian tersulit tentu menyambungkan kabel LED ke sumber yang diinginkan, misalnya lampu senja. Bisa juga dibuatkan switch khusus supaya dapat dihidupkan pada saat tertentu saja.

  • Putar shift knob bawaan pabrik ke arah kiri atau anti-clockwise. Berlaku pada semua jenis transmisi manual dan otomatis. Putar hingga shift knob terlepas dan terlihat tongkat persneling.
  • Sekarang saatnya merakit kabel dahulu untuk menyalakan LED. Kabel merah dari LED bisa dihubungkan ke positif lampu senja. Sedangkan kabel hitam LED hubungkan saja ke ground. Bisa cari ground yang terdekat, di belakang konsol tengah.
  • Masukan LED ke dalam tongkat persneling. Ingat bagian LED menghadap atas supaya bisa menerangi shift knob bubble. Lanjutkan dengan memasangkan mur adaptor. Pilih yang ukuran besar untuk Mazda2 manual. Putar mur ke arah kanan atau searah putaran jarum jam.
  • Nah terakhir tinggal memasangkan shift knob bubble. Caranya sama persis seperti memasangkan mur pada langkah ke 3. Pastikan shift knob kencang agar tidak mudah mengendur saat oper gigi.

Sumber: OTOMOTIFNET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *