Cara Bedakan WiFi Baik Dan Jahat Yang Harus Anda Ketahui

Internet merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang tidak bisa dipungkiri kemanfaatannya. Tidak heran jika banyak fasilitas umum ataupun sarana umum seperti perpustakaan, cafe, hotel, minimarket, dan tempat lain yang berlomba-lomba menyediakan jaringan wifi secara cuma-cuma untuk akses internet agar tempat mereka ramai dikunjungi.

Namun, Tahukan Anda bahwa wifi yang dikenal selama ini bisa menjadi suatu alat untuk kebutuhan penyadapan? Sebaiknya pelajari terlebih dahulu  cara bedakan wifi baik dan jahat. Sekilas memang semua jaringan wifi yang dipakai memiliki dampak positif karena sangat membantu untuk akses internet baik searching, download file atau gambar, maupun kebutuhan yang lainnya.

Cara Kerja Wifi

Mungkin bagi sebagaian orang, pengetahuan akan wifi jahat masing asing terdengar. Namun, jangan pernah dipungkiri bahwa jaringan tersebut dapat dirancang khusus oleh penyedia layanan agar menjadi hacker bagi penggunanya. Hal ini tidak mustahil terjadi karena tidak sedikit orang yang menempuh berbagai cara untuk meraup keuntungan meskipun perilaku tersebut dinilai menyalahi aturan.

Cara kerja dari wifi jahat ini cukup sederhana yaitu seorang hacker melalui wifi yang Anda pakai akan meretas perangkat yang digunakan untuk akses internet seperti laptop maupun android. Selanjutnya, data pada perangkat yang digunakan untuk akses wifi akan dengan mudah disadap atau dibobol oleh sang hacker. Semua data yang Anda miliki seperti foto, file, video, rekening bank, bahkan kartu kredit dapat dengan mudah diketetahui.

Peringatan Wifi

Lantas, bagaimanakah cara untuk mengantisipasi pancaran wifi jahat yang sengaja dipasang untuk tujuan tidak terpuji tersebut? Sebenarnya cara bedakan wifi baik dan jahat cukup mudah, akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui bahwa notifikasi yang muncul ketika memulai akses adalah sebuah peringatan penting agar aman selama proses penggunaan jaringan wifi.

Tanpa disadari, ketika perangkat mulai terhubung dengan jaringan wifi maka otomatis muncul sebuah peringatan penting berupa notifikasi yang menjadi pintu gerbang agar perangkat tetap aman dan tidak bisa disadap oleh oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab. Salah satu bentuk notifikasi yang sering Anda jumpai ialah “secure’ dan “not secure”. Meskipun sepintas terlihat sepele, namun peringatan ini tidak boleh diabaikan karena dapat menjembatani adanya hacker.

Setelah mengetahui secara sepintas tentang cara bedakan wifi baik dan jahat, maka Anda tentunya akan lebih berhati-hati dan tidak sembarangan menggunakan akses free wifi yang disediakan di tempat-tempat umum. Pastikan terlebih dahulu bahwa tempat tersebut aman dan tidak ada unsure hacker di dalamnya. Satu hal lagi yang harus digarisbawahi yaitu jangan pernah mengabaikan setiap notifikasi yang muncul saat memualai koneksi. Pelajari lebih lanjut setiap peringatan yang muncul dengan membaca tulisan-tulisan pada blog atau buku-buku teknologi.

Sumber: Komunitas Android 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *