Inilah Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone

Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini merubah gaya hidup seseorang yang akhirnya berdampak negati pada bagi penggunanya. Smartphone merupakan barang elektronik yang saat ini tengah populer keberadaannya bahkan hampir seluruh masyarakat di Indonesia menggunakan perangkat ini untuk berbagai kepentingan. Namun pernahkah anda sadari bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan berdampak negatif bagi kehidupan anda?

Smartphone bisa membuat kita kurang bersoialisasi dengan lingkungan, selain itu juga dapat membuat mata kita rusak dan berbagai dampak negatif lainnya. Untuk itu, kecanduan smartphone harus segera kita atasi dan kita tanggulangi jangan sampai berlarut-larut yang nantinya justru merugikan kita sendiri. Pada dasarnya smartphone sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai urusan baik urusan komunikasi ataupun urusan lainnya. Tetapi jika dalam penggunaannya telah melampaui batas, maka sudah tidak efektif lagi dan hal ini perlu kita benahi.

Untuk itulah, mulai saat ini anda bisa mengurangi kebiasaan menggunakan smartphone secara berlebihan dan berikut ini adalah tips dalam mengatasi kecanduan smartphone yang bisa anda ketahui, menurutย Komunitas Android;

  1. Bersosialisasi Langsung

Terkadang orang yang sudah kecanduan gadget kurang memperhatikan apa yang terjadi disekelilingnya bahkan cenderung seperti tidak membutuhkan orang lain untuk bersosialisasi. Untuk itulah segera anda sadari akan buruknya hal tersebut dan bersosialisasilah dengan lingkungan sekitar.

  1. Kurangi Penggunaan

Agar anda bisa terlepas dari kecanduan smartphone, anda harus bisa berdisiplin dalam menggunakan smartphone. Kurangi kebiasaan yang membuat kita lupa diri seperti bermain game atau menonton film menggunakan smartphone. Buat aktifitas lain yang lebih bermanfaat yang membuat anda sedikit lupa dengan ponsel yang anda miliki.

  1. Matikan Notifikasi

Ketika ponsel berbunyi karena ada sebuah notifikasi dari jejaring sosial yang kita gunakan akan membuat kita penasaran dan kembali menggunakan smartphone secara berlebihan. Sebaiknya ย untuk mengatasi hal tersebut anda harus mematikan seluruh jejaring sosial yang terinstal diponsel anda. Biasakan menggunakan smartphone jika ada keperluan saja.

  1. Menggunakan Fitur Standard

Kebutuhan komunikasi memang sangat penting dan bisa anda lakukan menggunakan smartphone. Namun mengingat banyaknya fungsi dari smartphone yang bisa kita peroleh membuat kita terlalu memanfaatkan hal tersebut contohnya menginstal banyak game dismartphone anda. Untuk mengatasi kecanduan smartphone, sebaiknya anda hapus seluruh game yang ada di ponsel anda. Gunakan fitur dan aplikasi standard pabrik sehingga anda hanya menggunakan smartphone sebagaimana fungsinya saja.

Sumber; Komunitas Android

Foto dari Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *