Peringati Hari Bumi, KAPAS dan Komunitas Reptile’s Zone Bersih-Bersih Lingkungan

Komunitas Aksi Peduli Alam dan Sosial (KAPAS) bekerjasama dengan Reptile’s Zone mengadakan berbagai kegiatan berkaitan dengan menjaga dan melestarikan lingkungan. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia yang dilaksanakan di Taman Pataraksa Sumber, Kabupaten Cirebon pekan lalu.

Kegiatan dengan tema “Ku Tanam dan Rawat Pohon untuk Nafas Kita” tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi tentang cara penanaman bibit dan merawat bibit yang baik dan benar, dengan komposisi tanah dan pupuk serta perawatan yang intens kepada pengunjung car free day pada 30 April lalu.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Lukman Hakim mengatakan, dirinya mengajak salahsatu komunitas reptil di Cirebon bersama-sama mengampanyekan menjaga dan melestarikan lingkungan, baik itu tumbuhan dan juga hewan.

“Para pengunjung juga diminta untuk cap tangan sebagai simbol bahwa mereka mengetahui dan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Setelah selesai kita sapu bersih taman dan sungai di sekitar Taman Pataraksa Sumber,” kata Lukman.

Selain itu, kata dia, diadakan pula pertunjukan “snake show” dari komunitas Reptil’s Zone untuk menghibur pengunjung dan mengedukasi juga tentang cara merawat binatang.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar pengunjung dapat mengetahui bagaimana cara menanam bibit yang baik dan benar, mengetahui Hari Bumi Sedunia dan dapat mempraktikkan di rumah,” tuturnya.

Lebih lanjut lagi, bibit-bibit yang sudah ditanam di acara tersebut dibawa pulang masing-masing peserta untuk kemudian dirawat di lingkungan sekitarnya.

“Harapan dari kegiatan ini supaya masyarakat sadar betapa pentingnya mencintai alam, merawat lingkungan dan mencintai bumi khususnya pohon. Pohon itu kan punya sejuta manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia dan diharapkan dapat mengurangi panas global,” tandasnya.

Sumber: FAJAR NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *