Kiat-Kiat Jaga Keamanan Berkendara Saat Berpuasa

Umat muslim, khususnya di Indonesia, hari ini (Sabtu, 27/6/2017), mulai menjalankan ibadah puasa hingga satu bulan ke depan. Meski puasa, seluruh kegiatan seperti berangkat kerja, dan lain sebagainya tetap harus dijalankan.

Nah, buat yang membawa sepeda motor punya tantangan tersendiri, mulai dari rasa lapar, haus, panas, hingga emosi, yang semuanya bisa merusak konsentrasi di jalan.

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mencoba memberikan tips kepada masyarakat yang beraktivitas menggunakan motor di bulan puasa.

Menurut dia, paling utama jaga kebugaran tubuh. “Bisa dengan istirahat yang cukup, makan dan minum secukupnya ketika sahur,” kata Edo.

Jika ada yang memancing emosi, lanjut Edo jangan sampai terpengaruh oleh pengendara lain, ingat puasa juga menjaga hawa nafsu. Usahakan juga tidak selalu tergesa-gesa selama di perjalanan.  “Cukup menarik nafas sejenak jika ada yang memancing emosi. Usahan juga selalu konsentrasi selama di perjalanan,” ujar Edo.

Paling penting, selama di perjalanan wajib mematuhi semua aturan atau rambu lalu lintas. Tujuannya, agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan, seperti terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Sumber: OTOMANIA

Foto dari 96.7 The Eagle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *