Untuk menjadi pengusaha yang sukses, pemilik usaha harus bisa memanfaatkan segala upaya untuk memajukan bisnisnya, mulai dari bagaimana menggunakan social media untuk mempromosikan bisnisnya, membuat terobosan-terobosan pada saat mengalami kondisi sulit ketika sedang merintis usahanya, atau membuat strategi marketing yang efektif. Semua pengetahuan tersebut diperlukan agar bisnis kita menjadi maju.
Di awal merintis bisnis merupakan saat-saat yang sangat sulit untuk menjalankan bisnis, bahkan untuk sekedar mempertahankan sebuah bisnis tetap berjalan. Rahasia agar kita bisa tetap survive adalah awali dari pikiran kita dengan mindset sukses, attitude dan positif thinking.
Berikut ini adalah tips untuk menjadi pemilik bisnis yang sukses:
Ketahui dimana customer kita hang out secara online. Kita tidak perlu berada dimana saja, Tetapi cukup dengan kita selalu ada di tengah-tengah customer dan selalu berkomunikas secara online dengan mereka.
Bila kita berkumpul dengan orang-orang yang selalu mengatakan “kamu tidak bisa” maka itu akan menyebabkan kita cepat menyerah. Oleh karena itu kita harus selalu berjejaring dengan sebanyak mungkin dengan orang-orang positif yang akan memberikan semangat untuk mencapai tujuan sukses kita.
Twitter adalah alat terbaik bagi pelaku bisnis UKM. Kita bisa mengetahui apa yang kompetitor dan customer lakukan, tanpa mereka sadari kita mengamati perilaku mereka.
Tiga tahun awal memulai bisnis adalah masa-masa yang paling sulit, setiap hari adalah tentang bagaimana mempertahankan hidup. Semua adalah tentang cara berpikir kita. Maka selalu miliki mindset dan cara berpikir yang positif.
Cara sederhana untuk memuat customer merasa WOOWW adalah dengan menuliskan kartu ucapan terimakasih dengan menggunakan tulisan tangan. Misalnya kartu dengan tulisan tangan “Terimakasih telah berbelanja di tempat kami”.
Memiliki halaman bisnis Facebook yang professional sangat penting. Para penjual dan pembeli banyak bersosialisasi di FB. Pastikan kita membagikan informasi yang bermanfaat bagi customer.
Jika kita adalah pelaku bisnis lokal maka jadikan media lokal sebagai PR kita. Baca beritanya, cari relasi, temukan tipe berita yang dimuat dan tawarkan diri kita sebagai bahan berita dari media tersebut.
Agar bisnis berkembang maka salah satu kuncinya adalah dengan membuka cabang di berbagai area, dan cara yang paling memungkinkan adalah dengan sistem waralaba (franchise). Untuk itu kita perlu membuat sistem bisnis yang mapan dan kuat untuk diduplikasi ke pewaralaba (franchisee).
Kita perlu mensetup proses untuk mengkonversi sebanyak mungkin leads. Buat daftar leads di dalam saluran penjualan kita, tambahkan checkpoint untuk mengkualifikasi setiap leads.
Pengusaha adalah profesi yang paling kesepian di dunia. Pengusaha yang sukses adalah yang berhasil berjejaring dengan rekan, kelompok dan asosiasi. Kita memerlukan teman untuk bertukar pikiran.
Sumber: Website TDA
Foto dari HOSTPAPA