Nylon Community: Komunitas Gitar Klasik Pertama di Pekanbaru

Anda pemain gitar, terutama gitar klasik, atau bahkan hanya sekedar penggemar alat musik gitar yang ingin belajar indahnya memetik gitar klasik, Nylon Community atau yang disingkat Nyco adalah wadah yang tepat.

Nyco merupakan komunitas gitar klasik pertama yang ada di Pekanbaru. Berdiri sejak tahun 2012, berawal dari saling ketertarikan empat orang founder akan indahnya suara gitar klasik dan juga keprihatinan peminat gitar kalsik di Pekanbaru yang masih sedikit maka terbentuklah Nylon Community. Adapun keempat founder tersebut dulunya merupakan mahasiswa yang kini sudah menjadi alumni mahasiswa Universitas Islam Riau jurusan sendratasik ini dantaranya Robithah Irawan, Givi, Rahmadi dan Yesi.

“Awalnya Nyco dibentuk sebagai wadah untuk saling belajar mengenai gitar klasik. Hal ini dikarenakan di Pekanbaru peminatnya masih sedikit. Semangat belajar akan rendah jika hanya sendiri-sendiri mempelajari gitar klasik, maka dicobalah untuk berkumpul bersama-sama agar semangatnya meningkat, maka terbentuklah Nyco,” terang Robithah Irawan selaku ketua Nyco.

Untuk konsepnya, Nylon Community memiliki konsep untuk saling share ke sesama atau saling berbagi pengetahuan, pengalaman mengenai pembelajaran gitar klasik. Selain itu, Nyco juga merupakan wadah sebagai tempat untuk latihan bersama agar saling membantu dalam pembelajaran langsung.

Kini Nyco telah beranggotakan 15 orang anggota dengan rincian 9 pria dan 6 orang wanita. Untuk anggota baru yang ingin bergabubg, Nyco tidak memiliki syarat tertentu. Hanya setiap anggota diwajibkan untuk membawa gitarnya sendiri. Ini dikarenakan di dalam Nyco setiap anggota akan langsung praktek mempelajari gitar klasik.

“Diluar, gitar klasik merupakan sesuatu yang mewah. Jika ingin belajar harus melalui sekolah musik. Disinilah kami ingin mengubah pemikiran tersebut, karena semua orang berhak belajar menikmati gitar klasik,” tambah Robithah Irawan atau yang biasa dipanggil Robi.

Waktu ngumpul, biasanya anggota Nyco memiliki dua jadwal tetap dalam seminggunya. Yakni pada hari Jumat sore dan juga malam. Untuk lokasi biasanya anggota Nyco akan berkumpul di sekitaran MTQ, kampus UIR, ataupun taman budaya tergantung kesepakatan.

Dalam hal prestasi, beberapa anggota Nyco sudah pernah nampil dibeberapa event, baik tingkat kampus maupun nasional. Seperti salah satunya penampilan di Idrus Tintin bersama salah satu orchestra ternama, Warna Harmony Orkestra.

Harapan kedepannya anggota Nylon Community berharap semoga tetap eksis dan anggota baru yang ingin bergabung semakin banyak. Selain itu, seluruh anggota Nyco juga berharap tetap bisa memajukan musik gitar klasik.

Penulis: Teguh Asrin

Sumber: BERTUAH POS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *