Komunitas Gerakan Tanam Pohon Ajak Warga Bogor Menanam Dan Merawat Pohon

Komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) merayakan tiga tahun terbentuknya perkumpulan dengan mengajak warga menanam dan merawat pohon dalam upaya menghijaukan kembali Kota Bogor, Jawa Barat.

“Kami sudah menanam 198 pohon, tidak hanya menanam, tapi juga merawat sehingga pohon yang ditanam memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” ujar Ketua Panitia GTP Tato Marsito di sela kegiatan di Puslitbang Pertanian, Kota Bogor, Minggu (25/11).

Tato mengatakan komunitas GTP akan terus melakukan kegiatan penanaman pohon walau jumlahnya hanya berkisar lima sampai 10 pohon setiap minggu. Ia mengatakan kondisi Kota Bogor semakin panas karena jumlah pohonnya berkurang akibat pertumbuhan permukiman warga memicu kelahiran GTP tahun 2015.

“GTP hadir untuk menghijaukan kembali Kota Bogor, menjaga iklimnya tetap sejuk dan nyaman ditempati,” lanjut Tato.

Komunitas GTP dalam kegiatannya memprioritaskan penanaman pohon buah agar hasilnya bisa rasakan oleh masyarakat. Mereka antara lain menanam pohon rambutan, nangka, durian, sawo, dan sukun.

“Kami punya donatur yang menyiapkan bibit-bibit pohon yang akan ditanam. Penanaman dilakukan tersebar di semua wilayah Kota Bogor, bisa juga atas permintaan warga,” terangnya.

 

Penulis : Deni julianto

Sumber : Halobogor.id

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *