Taman Baca Bulian : Oase Literasi dari Jagakarsa

 

Berlokasi di pinggiran Ibu Kota, tepatnya di Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Taman bacaan ini merupakan taman bacaan komunitas yang digagas oleh 3 pemuda, ialah Jaka Haris Mustafa, Gesyada Siregar, dan Dinda Larasati. Buka setiap hari kecuali Minggu dan Kamis tutup, jam operasionalnya 15:00 hingga 17:30 WIB.

Taman bacaan Bulian didirikan pada 22 Juli 2012, seiring dengan itu relawan dan buku semakin bertambah. Awalnya hanya menyediakan 500 eksemplar buku, dan 200 majalah. Taman Baca Bulian juga mengadakan membacakan dongeng rutin, les menggambar, dan ke depannya akan diadakan kegiatan pembentukan karakter lainnya.

Saat ini Taman Baca Bulian masih sedang tahap “rapi-rapi” dan “dekor-dekor”. Namun kami tetap welcome kepada anak-anak sekitar yang ingin datang membaca.

Bersyukur animo masyarakat sekitar bagus, dan mereka terus memberi dorongan. Ngomong-ngomong, suatu hari saat kami belum buka, ada sekelompok anak yang teriak-teriak “KAMI INGIN MEMBACA!” dan menggedor-gedor pagar, supaya dibukakan

Bulian? Apa itu bulian? Kenapa saya mengabadikan nama bulian sebagai nama taman bacanya? Bukankah mirip bully-an alias di-bully?

Mungkin kamu belum familiar dengan Bulian. Bulian, atau ulin, adalah nama pohon asli Indonesia, yang saat ini sudah mulai langka.

Keberadaan pohon ulin sudah dilirik oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Mereka menyadari kekuatan kayu bulian yang luar biasa. Hingga akhirnya kayu bulian banyak digunakan untuk konstruksi berat, seperti jembatan, hingga bantalan rel kereta.

Kekuatan kayu bulian bukan main-main, hal itu dibuktikan dari bantalan rel kereta api yang terbuat dari kayu bulian, masih kuat hingga saat ini.

Sayangnya, pohon bulian sudah mulai langka. Bahkan lebih banyak di Negeri Jiran. Kita pun mungkin jarang mendengarnya lagi.

Oleh karena itu, tak salah saya menggunakan nama Bulian untuk taman baca ini. Harapannya, masyarakat tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali flora dan fauna, dan banyak yang mulai menghadapi kepunahan

 

Sumber : Taman Baca Bulian

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *