Komunitas Barberman Gelar Cukur Bersama, Hasil Kegiatan untuk Musholla

Komunitas Barberman Kajen menggelar kegiatan amal dengan cukur bersama di Taman Mandurorejo, Kota Kajen, atau di sekitar Tugu Nol Kajen, Jumat (17/5) sore. Seperti apa? Hadi Waluyo, Kajen

Bulan Ramadhan dimanfaatkan umat Islam untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya. Begitupun dilakukan Komunitas Barberman Kajen. Dengan keahlian mereka memangkas rambut, komunitas ini menggelar kegiatan amal dengan cukur bersama di Taman Mandurorejo, Kota Kajen, atau di sekitar Tugu Nol Kajen, Jumat (17/5) sore.

Komunitas Barberman Kajen dengan membawa peralatan potong rambutnya membuka lapak di Taman Mandurorejo. Masyarakat umum dipersilahkan untuk memangkas rambutnya sesuai dengan seleranya masing-masing. Hasil dari kegiatan itu dikumpulkan untuk kegiatan bakti sosial, yakni membantu pembangunan masjid atau musholla di sekitar Kajen.

Kegiatan semakin semarak lantaran berbarengan dengan acara bagi-bagi takjil dari PAC Ansor/Banser Kajen. Masyarakat pun antusias untuk memotong rambutnya di kegiatan amal sore itu.

Zaenuri, dari Komunitas Barberman Kajen, mengatakan, kegiatan pangkas rambut di area publik dilakukan untuk kegiatan sosial yang rutin dilakukan komunitas mereka ini. Menurutnya, hasil dari kegiatan itu akan disedekahkan untuk pembangunan masjid. “Ini kegiatan bakti sosial Komunitas Barberman Kajen,” terang dia.

Dikatakan, komunitas ini sudah beberapa kali mengadakan kegiatan serupa. Sore itu, kata dia, sudah ada sekitar 10-an warga yang memangkas rambutnya. Ia sendiri mengatakan, tidak ada target berapa orang yang akan dicukur. Pasalnya, uang yang didapat akan disumbangkan untuk pembangunan musala. “Untuk waktunya kita waktu kosong. Mumpung tukang cukur belum ramai, dan sore ini ada patner dari PAC Ansor Kajen yang bagi-bagi takjil. Hasilnya untuk pembangunan musala yang disponsori Ansor atau Banser,” kata dia.

Kegiatan serupa juga dilakukan pada Ramadhan tahun lalu. Menurutnya, saat itu uang yang terkumpul disumbangkan untuk korban banjir rob di wilayah pesisir Kabupaten Pekalongan. “Tahun kemarin kegiatan seperti ini bertepatan dengan banjir rob, makanya hasilnya kita sumbangkan ke sana,” imbuh dia.

 

Artikel ini disadur dari Radar Pekalongan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *