Komunitas Sepeda Ontel Saban Gelar Kirab HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV

Komunitas sepeda ontel yang tergabung dalam Sepeda Antik Banjarmasin (Saban) hari ini Rabu (15/5/2019) sore melakukan kirab.

Kirab atau konvoi tersebut dilakukan, untuk memeringati HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan atau juga yang dikenal dengan Proklamasi 17 Mei 1949.

Tercatat ada lebih dari 50 peserta atau anggota dari komunitas Saban yang ambil bagian dalam kirab tersebut.

Mereka beramai-ramai mengayuh sepeda ontelnya dilengkapi dengan pakaian ala pejuang, dan dimulai dari Gedung Mahligai.

Dari Gedung Mahligai, mereka pun bersama-sama menuju tugu 9 November yang terletak di Jalan Pengambangan.

“Ini setiap tahun kami laksanakan, untuk mengenang pejuang-pejuang kita,” ujar Ketua Saban, Sunarno kepada banjarmasinpost.co.id.

Sunarno menambahkan bahwa biasanya kirab juga dilakukan di Kandangan HSS, yang menjadi tempat diproklamirkannya teks proklamasi 17 Mei oleh Brigjen Hasan Basri.

“Berhubung saat ini sedang puasa jadi tidak dilakukan, dan nanti hanya ada perwakilan dari Saban yang ke Kandangan,” jelasnya.

Sunarno pun juga mengatakan bahwa rangkaian kegiatan lainnya yang akan dilakukan, adalah mendatangi makam Brigjen Hasan Basri.

“Rencananya besok kami akan ngontel ke makam Brigjen Hasan Basri,” pungkasnya.

Penulis: Frans
Editor: Elpianur Achmad

Artikel ini telah tayang di  Tribun Banjarmasin.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *