STORYTELLING FOR BEGINNERS BERSAMA REGINA STELA

Lewat dongeng kita bisa menyampaikan berjuta ilmu, pengetahuan, pesan moral, mengasah kreativitas, imajinasi, problem solving, hingga meningkatkan keterampilan berbicara dan kemampuan berbahasa pada anak. Selain itu, dongeng juga memiliki sejuta manfaat bagi anak.

Arena.id dengan program Center Stage mengadakan kelas dengan tema Storytelling for Beginners bersama Regina Stella, pendongeng di Rumah Dongeng Mentari. Rumah Dongeng Mentari (RDM) adalah ‘rumah’ untuk sebuah gerakan mendongeng yang dilakukan secara bersama dengan para relawan. Kegiatan RDM ini diantaranya mendongeng rutin, memberikan kelas mendongeng gratis untuk masyarakat dan pagelaran Awicarita Festival.

Acara ini terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama adalah penjelasan dari Kak Ela mengenai Rumah Dongeng Mentari dan juga penjelasan mengenai dongeng, mulai dari sejak kapan dongeng itu ada hingga beberapa hal penting mengenai mendongeng.

Mendongeng menjadi sarana untuk menasihati, bercerita, meningkatkan kemampuan berbahasa, melatih empati, memecahkan masalah, komunikasi sosial yang intim. Mendongeng sendiri memiliki beberapa persiapan seperti, siapa yang menghadiri, apa cerita yang ingin disampaikan dan juga latihan dengan memakai alat perekam didepan kaca. Untuk mengingat ceritapun perlu membuat poin-poin atau kerangka cerita.

Mendongeng juga bisa menggunakan alat peraga, namun itu tidak wajib. Yang terpenting adalah bagaimana menyampaikan cerita dengan baik. Tempat duduk, suara, dan durasi juga penting untuk diperhatikan, begitu juga pada saat ada interupsi dari dari anak sebaiknya direspon secukupnya lalu dilanjutkan dengan cerita awal.

Prinsip mendongeng adalah pertama cintai ceritanya dan tokoh2nya agar bisa mendalami dan menghidupi ceritanya. Kemudian, cintai dirimu karena setiap pendongeng memiliki jiwanya masing-masing. Ketika kita sudah mencintai diri kita, ketika mengalami kegagalan adalah hal biasa, cukup menerimanya, dan latihan lagi.

Sesi kedua adalah sesi mendongeng dari Kak Ela. Kak Ela mendongengkan sebuah cerita kucing putih yang ingin mandiri dengan mencari pekerjaan sendiri.

Setelah sesi mendongeng selesai, dilanjutkan ke sesi ketiga yaitu sesi tanya jawab dari peserta online di Arena.id. Setelah semua pertanyaan terjawab Kak Ela memberikan beberapa tips untuk bisa mendongeng dengan baik bagi para pemula. Lalu acara ditutup dengan foto bersama.

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *