4 Tips Membangun Pertemanan Sehat

Keluarga, pasangan, gebetan, bahkan seorang teman menjadi orang-orang yang selalu ada di hidup Anda. Bicara soal teman, mendapatkan seorang teman yang sesuai dengan kepribadian Anda itu susah-susah gampang, lho.

Memilih seorang teman memang perlu diperhatikan. Jangan sampai Anda memilih teman atau pergaulan yang salah. Enggak mau, kan, gara-gara salah bergaul Anda justru masuk ke lingkungan yang negatif?

Ketika Anda sudah mempunyai teman yang benar-benar sesuai sama Anda, ada baiknya untuk menjaga pertemanan itu. Kalau bisa usahakan untuk buat pertemanan Anda menjadi pertemanan yang positif dan sehat. Dalam pertemanan yang sehat, masing-masing individu terdorong untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bukan sebaliknya.

Nah, untuk Anda yang masih bingung bagaimana membangun pertemanan sehat, kali ini psikolog Titi Prantini Natalia dari Personal Growth akan memberikan 4 tips yang bisa membuat pertemanan Anda ke arah yang lebih sehat.

1. Respect your friend

Pada dasarnya setiap orang memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda, kamu tidak akan pernah menemukan orang dengan karakteristik yang sama dengan kamu. Perbedaan-perbedaan yang ada itu yang membuat setiap orang memiliki keunikannya tersendiri. Maka dari itu, sangat penting bagi seorang teman untuk saling menghargai. Seperti menghargai pendapat mereka, atau menghargai budaya mereka. Dari hal kecil ini lah tiap individu akan merasa bahwa dirinya berharga dan dihargai

2. Support each other

Dalam hubungan pertemanan, ada kala salah satu teman kamu mengalami kesulitan. Seorang teman yang baik, enggak ada salahnya lho mau mendengarkan masalah yang sedang dihadapinya. Itu mengartikan kamu peduli terhadap masalah yang ada pada dirinya. Selain itu, kamu bisa saling memberi masukan agar ia menemukan solusi terbaik. Nah, kalau yang seperti ini baru dinamakan pertemanan yang sehat. Bukan ada ketika hanya ingin bersenang-senang aja ya.

3. Balance life

Penting banget lho untuk membagi waktu kamu dengan baik. Hal ini dikarenakan agar kamu bisa memberikan porsi waktu yang sesuai dan seimbang ketika bersama organisasi, keluarga, pasangan, bahkan sahabat. Oh iya, jangan lupa memberikan waktu untuk diri kamu sendiri ya. Kamu juga butuh lho untuk bersenang-senang dan memberikan kesempatan untuk diri kamu dalam mencapai semua cita-citamu.

4. Commit to the limit

Penting nih untuk kalian membuat sebuah batasan. Batasan ini akan disepakati mulai dari apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama berteman. Hal ini bertujuan untuk menjaga hak dan privacy setiap orang agar masing-masing merasa nyaman. Perlu diingat juga kalau tidak semua hal harus diketahui orang lain, termasuk teman-teman kamu.  Dan diperlukan komitmen yang tinggi bagi seorang teman untuk bisa menaati batasan yang telah dibuat.  Kalau sudah mulai keluar jalur dan mengingkari batasan yang sudah dibuat, ada baiknya lho untuk tetap saling mengingatkan satu sama lain.

Penulis: Fx Dimas
Artikel ini telah tayang di Ibunda.id dan Womantalk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *