Komunitas Sakatoya : RUANG DALAM PROJECT #13

Siapakah lawan kita sebenarnya? Orang yang ada di depan kita, atau diri kita sendiri?
Menantang atau menebak? Berjarak atau mendekat? Mana yang harus dipilih? Bukankah akhirnya membawa kita pada penerimaan bahwa itu hanya perlu dilalui? Lalu untuk apa semua ini?

Karya ini merupakan tari kontemporer yang terinspirasi dari gerak Silat Ulu Ambek, sebuah silat tradisi yang berasal dari Minangkabau, secara spesifik Pariaman, yang lazimnya hanya dipelajari oleh kaum pria. Ulu dalam bahasa Minangkabau bisa diartikan ulu hati, hulu dan halau. Sedangkan ambek berartikan hambat atau menghambat. Silat ini juga diketahui sebagai silat batin yang mana dalam berlaga atau bergerak pelakunya tidak saling bersentuhan. Melalui riset & ujicoba semenjak 2016, Siska mencoba untuk membaca ulang dan memaknai kembali ruang waspada pada gerakan silat batin ini.

Siska Aprisia merupakan koreografer, penari, dan pegiat budaya kelahiran Pariaman, yang kini berdomisili di Jogja. Ia aktif menjadi koreografer sejak 2016 & merupakan lulusan Penciptaan Seni Tari, ISI Padang Panjang dan juga alumni Sasikirana Dance Camp (2016). Karya-karyanya antara lain Question (2016), Kembara Rasa (2017), Gasing (2018), Ba Sa Ba (2018), Kaki-Kaki (2022) & The Sound After Solitude (2021-2022). Semenjak 2019 hingga sekarang, ia mengikuti kolaborasi bersama Abderzak Houmi, Company Cie-xpress (France), melakukan tur pertunjukan, kolaborasi & workshop di beberapa kota di Paris.

Menutup tahun 2022, #RuangDalamProject hadir kembali dalam format hybrid, daring melalui kanal Youtube kami, dan luring yang dapat dihadiri terbatas. Pertunjukan akan dihelat di halaman Rumah Akanan, dengan mengamini hujan sebagai dramaturgi pertunjukan!
Maka siapkan mental dan jas hujanmu, pastikan pakaian dan alas kakimu tak takut air. Mari bersua, karena ada teh hangat di diskusi pasca pertunjukan.

Link Youtube ada di Bio ya!

——————————
RUANG DALAM PROJECT #13
Intimate Room Performance
——————————
sumber : https://www.instagram.com/p/Cml9XJ4SIHU/?utm_source=ig_web_button_share_sheet

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *