Komunitas Malam Museum : Diskusi Sejarah

Kedatangan Bangsa Eropa di Indonesia melahirkan beragam peristiwa yang dialami oleh banyak manusia di Indonesia. Tak hanya pribumi itu sendiri, namun juga bangsa-bangsa lain seperti Bangsa Eropa, Jepang, Cina, dan lain sebagainya juga turut merasakan pahit getirnya hidup pada masa itu yang menimpa kehidupan mereka saat tinggal di Hindia Belanda.

Salah satu keturunan antar bangsa yang hadir pun sebenarnya merupakan saksi hidup perjalanan kehidupan masa lampau yang mungkin tidak banyak orang mengetahui hal tersebut. Hal itu terjadi dikarenakan minimnya peredaran cerita akan hal tersebut bahkan tidak banyak dipelajari oleh orang-orang umum yang sedang duduk di bangku pendidikan. Sehingga, banyak orang yang awam akan ceritera yang menimpa keturunan antar bangsa yang terjadi pada masa Hindia Belanda.

Jane Vogel Mantiri, adalah salah satu keturunan Indo-Belanda atau orang banyak menyebut sebagai “orang Indo” yang juga turut merasakan pahit getirnya masa lalu terlebih yang menimpa kehidupan dan keluarganya. Jane Mantiri yang menjadi penerus cerita kehidupannya sebagai Orang Indo dengan bangga ingin membagikan ceritanya sebagai orang Indo kepada orang lain termasuk kepada orang awam sekalipun yang tentunya akan semakin lebih mengetahui cerita tentang orang keturunan Indo-Eropa.

Komunitas Malam Museum, yang aktif di bidang sejarah juga turut mendukung keinginan Jane yang ingin membagikan ceritanya melalui kegiatan diskusi yang nantinya turut menghadirkan ahli Sejarah yang juga relevan pada bidang tersebut untuk dapat menyampaikan ilmunya kepada khalayak baik yang menyukai sejarah maupun orang awam sekalipun.

Hadirilah Diskusi Sejarah dengan topik menarik dan dikemas serius tapi santai ini pada:

Hari, Tanggal: Senin, 19 Februari 2024
Jam: 09.00-11.30
Tempat: Ruang Sidang 1, Gd. Poerbatjaraka, FIB UGM, Yogyakarta

Jangan lupa daftar dulu melalui link bit.ly/DiskusiSejarahIndoBelanda yaaa~ AYO! TEMPAT TERBATAS✨

sumber : https://www.instagram.com/p/C3aQBI1x2sT/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *