Pancadarma Indramayu: Bergerak Untuk Pembangunan Di Indramayu

Pancadarma Indramayu merupakan organisasi yang bergerak untuk pengembangan pedesaan sebagaimana yang telah dituangkan dalam misi organisasi yaitu, Rural Society Development dan Education for All. Dengan metode sinergi yang kemudian menjadi harapan untuk tumbuh dan berperan aktif melakukan perubahan. Pancadarma dibentuk dilatarbelakangi oleh pembangunan desa dan pendidikan masyarakat Indramayu yang semakin hari semakin terlihat kesenjangan dan banyak penyimpangan sosial, misalnya pemuda desa yang masih banyak lulusan SMP bahkan banyak yang putus sekolah dan kegiatan sehari-harinya sia-sia, dan kasus lainnya seperti pergaulan bebas, minum-minuman keras, krisis kepercayaan terhadap orang tua, tokoh masyarakat dan banyak lagi.

Nama Pancadarma diartikan dalam kamus besar bahasa Indonesia “lima macam kewajiban”, yang kemudian dijadikan acuan agar berbuat sesuai amanah dan keyakinan, yaitu Beribadah Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkarya untuk kesejahteraan masyarakat, Sopan, santun, saling memberi dan selalu menepati janji, Mawas diri dan Pribadi mandiri.

Pancadarma Indramayu hadir dengan visi untuk Mewujudkan masyarakat pedesaan yang aktif, solid dan produktif dalam pembangunan dan pendidikan serta mandiri untuk memberikan kontribusi kepada negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Melalui misi:

  1. Mewujudkan kestabilan ekonomi kerakyatan yang mandiri.
  2. Mewujudkan organisasi yang aspiratif serta menciptakan budaya keterbukaan.
  3. Membangun pola pikir kritis dan peduli dari seluruh elemen masyarakat.
  4. Membangun budaya kemandirian dalam berorganisasi dan bermasyarakat melalui program pengembangan desa serta pendidikan.
  5. Membangun masyarakat yang terdidik dan sadar akan persaingan global.
  6. Membangun system advokasi bagi seleuruh elemen masyarakat.
  7. Membangun komunikasi dan jaringan dengan pemerintah, instansi dan atau organisasi-organisasi lain baik organisasi dalam negeri maupun luar negeri.

FOTO: DOK. Komunitas Pancadarma Indramayu

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *