POTAKKU; Wadah Anak Muda Yang Hobi Jejepangan

Potakku adalah komunitas anak muda beragam hobi yang berhubungan dengan otaku atau Jejepangan seperti anime, manga, vocaloid, J-music, gunpla, tokusatsu, cosplay dan lain-lain. Potakku berdiri sejak 29 Oktober 2012. Awal mula terbentuknya dikarenakan sekumpulan anak SMA Muhammadiyah yang gemar Jejepangan. Mereka membentuk wadah bagi orang yang memiliki hobi yang sama dengan mereka.

Potakku bertujuan sebagai tempat sharing berbagai hal yang terkait Jejepangan. Jadi setiap anggotanya dapat bertukar berbagai informasi mengenai update hal terbaru mengenai negeri sakura. Potakku memiliki kegiatan wajib yaitu gathering tiap dua minggu sekali di tempat yang telah ditentukan.

“Selain itu, kadang kami juga olah raga bareng (futsal, basket, dan sebagainya), piknik bareng, ikut kerja sosial, dan masih perencanaan membuat sebuah event besar. Agenda tahunan ada dua, ultah sama tour, tour dilaksanain kalo sudah pada minat. Kami selalu mencoba mengenalkan bahwa komunitas kami bergerak dalam hal positif sehingga nggak melencengkan anak-anak muda yang baru mengenal Jejepangan,” ujar Fhariz Febrian, salah satu mantan ketua Potakku.

Terbukti dengan berbagai kegiatan yang telah diadakan Potakku, komunitas ini berhasil mencuri perhatian anak muda Pontianak. “Jumlah member online udah sekitar 600 orang termasuk yang semi aktif.  Kalo yang offline ada sekitar 50-an orang. Memang ada dua jenis keanggotaan karena nggak semua member bisa selalu hadir dan terjun dalam agenda dengan alasan satu dan lain hal,” tambah Fhariz.

Selain mendapatkan respon positif, pertanyaan nyinyir pun pernah mereka dapatkan. “Kadang ada yang suka nanya, kok udah besar masih suka nonton film kartun. Tentunya, pertanyaan seperti ini harus disikapi dengan positif karena tiap orang punya preferensi dan hobi masing-masing. Itu hak mereka juga sih, selama nggak melenceng dari norma yang berlaku,” jelas Seka Aerfana, salah satu admin grup Potakku.

Well, semakin tinggi pohon maka semakin kuat pula angin yang menerpanya. Nggak heran kalo ada respon negatif, yang penting segala hal negatif tersebut bisa menjadi pemacu semangat untuk selalu maju. Keep spirit!

Sumber: Pontianak Post

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *