HAL-HAL PENTING DALAM MODIFIKASI GAYA HIDUP PADA ORANG DENGAN GANGUAN JIWA (ODGJ)

Gaya hidup yang sehat sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari tidak terkecuali oleh siapapun. ODGJ ketika sedang sakit atau ketika dalam masa pemulihan perlu juga melakukan modifikasi pada gaya hidupnya karena itu akan sangat penting dalam proses pemulihan. Hal-hal apa saja yang penting dalam modifikasi gaya hidup akan dibahas di bawah ini menurut Komunitas Bipolar Care Indonesia:

  1. Berbicara Tentang Apa Yang Dirasakan

Hal ini bukanlah menunjukkan kelemahan yang kita miliki tetapi sebagai usaha untuk mengatasi stresor yang sedang kita hadapi. Seseorang akan merasa lebih nyaman ketika mereka didengarkan.

  1. Tetap Aktif

Olah raga yang teratur akan membuat tubuh lebih sehat, membantu meningkatkan harga diri, konsentrasi dan tidur yang nyaman. Olah raga juga membuat pikiran dan perasaan lebih nyaman. Para ahli mengatakan dengan melakukan olahraga 30 menit sehari, 5 hari dalam seminggu akan memberikan perubahan besar pada kesehatan fisik dan psikis. Olah raga tidak harus yang mahal dan rumit, berjalan/jogging, atau senam juga sudah sangat baik.

  1. Pola Makan Yang Baik

Pengaturan pola makan yang baik berdampak penting bagi kesehatan mental karena otak membutuhkan nutrisi yang cukup dan tepat bagi aktivitasnya sehari-hari. Pengaturan makanan yang baik seperti: memperbanyak konsumsi buah dan sayur, minum air putih yang cukup, makan sereal/gandum dan kacang-kacangan, ikan, akan sangat baik bila dilakukan. Hindari minuman seperti kopi, alkohol dan minuman berenergi.

  1. Hindari Konsumsi Rokok dan Narkoba

Penelitian sudah sangat jelas menunjukkan efek negatif dari konsumsi rokok dan narkoba terhadap otak dan ini bisa menjadi salah satu pemicu munculnya gangguan jiwa disamping masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan. Bahaya adiksi (ketergantungan) yang ditimbulkan juga perlu menjadi perhatian.

  1. Memiliki Hubungan Yang Positif

Berada dalam lingkungan keluarga dan teman yang penuh kehangatan akan sangat baik. Orang-orang terdekat kita itu akan mendukung kita dalam menghadapi masalah masalah sulit yang kita hadapi dan membantu memberikan pilihan solusi yang positif.

  1. Mintalah Pertolongan

Jangan ragu untuk datang ke profesional kesehatan jiwa seperti psikiater, psikolog, perawat jiwa, dan dokter umum terlatih ketika mengalami suatu hal yang tidak nyaman di pikiran dan perasaan. Banyak jenis pertolongan yang bisa diberikan pada mereka yang memiliki masalah kejiwaan. Menghadiri pertemuan-pertemuan kelompok swabantu juga membuat kita tahu bahwa gangguan yang dialami juga dialami oleh orang lain.

  1. Ambil Waktu Senggang

Waktu sibuk yang padat dengan berbagai kegiatan perlu juga diselingi dengan waktu santai yang cukup untuk membuat tubuh kita kembali segar. Sekedar duduk santai sambil meminum teh hangat, mendengat musik yang lembut atau melakukan relaksasi akan membantu memberikan keseimbangan dalam hidup. Jangan lupakan juga tidur yang cukup.

  1. Lakukan Hobi Yang Kita Senangi

Ini akan sangat baik dalam mendorong kesehatan mental kita menjadi lebih baik. Bermain musik, berkebun, menyanyi, memasak, dll sangat menarik untuk dilakukan.

  1. Terima Diri Apa Adanya

Kita semua diciptakan sang pencipta sebagai individu yang unik dan tidak sama dengan yang lainnya. Menerima apa adanya diri kita dan terus mengembangkan potensi yang kita miliki akan membuat kita terus menjadi pribadi yang unik.

  1. Peduli Terhadap Orang Lain

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan sosial mulai dari yang paling sederhana kita sudah melakukan kegiatan berbagi yang positif. Seseorang akan merasa berharga ketika melakukan sesuatu yang bermakna bagi orang lain.

Sumber: Bipolar Care Indonesia

FOTO: CNN Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *