Surabaya Rabbit Club; Komunitas Para Penghobi Kelinci di Surabaya

Perkembangan jumlah penghobi kelinci di Indonesia saat ini tidak bisa diketahui secara pasti. Namun yang bisa dipastikan, bila dilihat dari semakin banyaknya komunitas kelinci yang bermunculan, kegemaran orang terhadap binatang bertelinga panjang ini semakin banyak. Salah satu contohnya adalah penyayang Kelinci asal Surabaya bernama Surabaya Rabbit Club, atau yag biasa disingkat SRC.

SRC terbentuk pada Januari 2010 di Surabaya. Karena dibentuk di Surabaya, secara otomatis anggotanya juga berasal dari Surabaya dan beberapa daerah di sekitarnya. Dengan tagline “Paradise In Your Rabbit”, komunitas ini digagas oleh orang-orang yang memiliki kecintaan dan keinginan yang kuat, untuk memberi kehidupan layak kepada kelinci.

Tak hanya mengusung tagline tersebut, SRC juga memiliki tujuan utama yang dikenal setiap anggotanya dengan istilah “5 Freedom For Rabbit”. Tujuan tersebut merupakan 5 kebebasan yang wajib diberikan pemilik kepada kelinci peliharaannya.

Yang pertama, kelinci harus dapat kemudahan suplai pakan sebagai kebutuhan dasar dan kesehatan kelinci. Kedua, kelinci wajib mendapat tempat tinggal yang mengutamakan kenyamanan dan lingkungan kelinci yang seharusnya. Ketiga, kelinci yang terluka wajib mendapat perawatan hingga memperoleh kesembuhan total. Keempat, kelinci wajib diberikan ruang gerak yang cukup, beserta fasilitas-fasilitas yang mendukung prilaku kelinci di alam bebas, termasuk dalam hal reproduksinya. Dan yang kelima, pemilik perlu memberi perlakuan yang mencegah kelinci dari penderitaan mental.

Demi menggapai tujuan yang sudah dicanangkan, para anggota rutin melakukan kegiatan berkumpul di Royal Plaza Lt. 2, Surabaya-Jawa Timur. Dalam kegiatan tersebut, biasanya para anggota sharing seputar kelinci mulai dari perawatan, cara beternak, hingga cara pengobatan ketika kelinci kesayangan jatuh sakit.

Sedangkan untuk jenisnya, setiap anggota SRC memelihara jenis kelinci yang beragam mulai dari kelinci lokal, impor, hingga jenis kelinci hias yang biasa tampil untuk ajang kontes. Bahkan, ada beberapa anggota yang juga mengembangbiakkan hewan imut ini. Namun hasil pengembangbiakkannya tidak dijual untuk mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya, melainkan dipelihara sebagai hewan kesayangan atau diberikan kepada orang-orang yang benar-benar menyanyangi kelinci.

Tertarik untuk bergabung ? Nah, bagi Anda yang merupakan penyayang kelinci dan ingin bergabung dengan kelompok ini, langsung saja buka blog-nya dan buka form pendaftaran. Di form pendaftaran tersebut tertera dengan jelas tata cara bergabung dengan kelompok ini.
Sumber: JITU NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *