Komunitas Mahasiswa Jawa UPI Bikin Perantau ‘Serasa di Rumah’

Mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari suku Jawa di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) memiliki wadah berkumpul tersendiri yang diberi nama Keluarga Mahasiswa Jawa Bumi Siliwangi (RAJAWALI). Komunitas ini membawahi mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta, sampai Jawa Timur.
Wakil Ketua RAJAWALI periode 2019-2020 Ananda Gilang (20) mengatakan, komunitas itu saat ini beranggotakan 200 orang yang berkecimpung secara aktif dan 387 anggota purna.
Ia menjelaskan, RAJAWALI kerap mengadakan kegiatan yang dijadikan sebagai ajang silaturahmi serta mengembangkan keterampilan seperti tari, drama, tembang Jawa, dan olahraga.
“Kegiatan rutinnya itu olahraga kayak futsal sama badminton sih. Sama RAJAWALI Festival juga kita udah ngadain 3 kali. Yang baru sih ini kita akhir tahun kemarin ngadain RAJAWALI Futsal Competition. Pesertanya itu komunitas mahasiswa Jawa se-Bandung Raya,” tutur Ananda kepada Ayobandung.com, Jumat (7/2/2020).

Menurutnya, komunitas ini disingkat menjadi RAJAWALI karena memiliki harapan bisa terus terbang tinggi seperti burung rajawali. “Saged, saged, iso” merupakan slogan komunitas ini yang berarti “bisa, bisa, bisa”.
Banyak yang menganggap komunitas ini sebagai keluarga karena terasa ‘seperti berada di rumah’ meskipun sedang merantau di tanah Sunda.
“Kalau kumpul di sini tuh kayak lagi di rumah, ngomongnya Jawa, semunya akrab. Kegiatannya banyak manfaatnya jadi bisa ngembangin softskill aku,” jelas Dea Kusuma (21), anggota aktif RAJAWALI.

Penulis: Fira Nursyabani
Editor : Fira Nursyabani
Artikel ini sudah telah terbit di ayobandung.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *