Banjir Menerjang, Komunitas Ikut Evakuasi Warga dan Pasien Rumah Sakit

Curah hujan ekstrem membuat beberapa wilayah Jabodetabek terendam banjir. Tidak hanya pemerintah, komunitas Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) pun ikut turun tangan mengevakuasi warga dan pasien di rumah sakit.
Demikian disampaikan Rahmat Kelik, ketua SCRC kepada detik.com. Kelik bersama Komunitas Suzuki Club Reaksi Cepat sudah turun tangan sejak hujan mengguyur wilayah Jabodetabek pagi-pagi tadi.

“Kami sudah melakukan evakuasi warga dari pagi pukul 07.00 WIB, saat sudah mulai ada berita tergenang. Pertama kami melakukan evakuasi warga yang terendam banjir di Vila Taman Kartini Bekasi Timur. Kemudian kita ikut mengevakusi pasien RS Bakti Kartini, Bekasi timur dengan menggunakan Ambulance Suzuki Carry,” ujar Kelik kepada detik.com. Evakuasi warga dan pasien Rumah Sakit (RS) Bakti Kartini di Bekasi Timur masih terus dilakukan hingga saat ini. Karena warga dan pasien rumah sakit kesulitan keluar dengan ketinggian air banjir mencapai 2 meter.

“Kita memang biasa melakukan kegiatan sosial seperti ini. Kami melakukan evakuasi tidak hanya banjir dan tenggelam. Suzuki juga sangat membantu agar bisa lebih cepat dan bisa lebih support, suzuki gerak cepat dengan memberikan bantuan ambulance dan mesin perahu karet, sehingga kita gerakannya bisa lebih cepat,” katanya kepada detikcom.

komunitas Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) ikut evakuasi warga dan pasien RS di Bekasi Timurkomunitas Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) ikut evakuasi warga dan pasien RS di Bekasi Timur Foto: dok. Komunitas Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC). “Kita sudah sering melakukan kegiatan ini, hingga Longsor di Sukajawa Bogor dan kita juga kerjasama dengan CT Arsa Foundation, selain itu kemarin di awal tahun kita juga turun (saat banjir karena cuaca ekstrem-Red),” tabah Kelik.

Komunitas Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) berharap bertekat untuk meneruskan aktivitas sosial ini demi membantu masyarakat luas. komunitas Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) ikut evakuasi warga dan pasien RS di Bekasi Timurkomunitas Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) ikut evakuasi warga dan pasien RS di Bekasi Timur Foto: dok. Komunitas Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC).

“Harapan kita semoga pemerintah bisa memperbanyak satgas pasukan-pasukannya dalam membantu evakuasi. Karena saat ini terjadi di beberapa titik bencana. Saya rasa pemerintah kesulitan untuk evakuasi, makanya kami turun tangan untuk membantu evakuasi. Kami berharap bisa pemerintah memperbanyak satgasnya dilapangan,” katanya.

oto.detik.com

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *