Komunitas One Piece Indonesia: Nonton, Baca, Nongkrong, Ngobrol; Semuanya Seru!

Teman-teman Komunita.ID, kali ini kami akan menampilkan profil komunitas pecinta serial kartun dan komik. Apakah ada dari kalian yang mengenal serial One Piece? Asal tahu saja, serial ini belum tamat, lho. Serial ini menceritakan sepak terjang kelompok bajak laut mencari harta karun milik seorang bajak laut legendaris. Ada banyak pecinta serial ini di Indonesia. Mereka tergabung ke dalam Komunitas One Piece Indonesia (KOPI). Komunita.ID mendapatkan informasi tentang KOPI dari founder-nya, yakni Ivan Tio.
 KOPI dibentuk pada 9 Juni 2010 oleh Ivan Tio Sadewo, Ade Alwi Hermawan, Zul Alimin, Supri Andi, Gama Aditya Putra, dan Iqbal Maulana. Mereka berpendapat bahwa pembentukan KOPI perlu untuk menampung pengguna Facebook yang juga merupakan fans One Piece. Tujuan dari dibentuknya KOPI adalah agar warga KOPI dapat saling berbagi pendapat, teori, spekulasi, dan opini tentang kemungkinan yang belum dan yang akan terjadi dalam seri One Piece.
 Pemenang Lomba di hoby fest
(Komunitas One Piece Indonesia memenangkan lomba di Hobby Fest)
Terdapat kurang lebih 51.000 member dalam grup Facebook KOPI, dengan member aktif sekitar ribuan. Di dunia nyata, terdapat ratusan member yang aktif. Mereka lebih intens bertemu dengan sesama member KOPI yang berada dalam regional mereka masing-masing. Di regional Jabodetabek, misalnya, ada puluhan member yang aktif mengiuti berbagai gathering yang diselenggarakan. Gathering per regional merupakan kegiatan rutin KOPI, biasanya diadakan 1-3 kali dalam setahun.
Member KOPI mendapatkan beragam informasi tentang One Piece dari anime. Mulanya, member-member KOPI menonton serial One Piece di saluran TV nasional. Namun, karena sudah tidak ditayangkan lagi, maka mereka beralih menonton streaming via online atau mengunduh dari beberapa fansub yang sudah terpercaya. Ada juga yang membeli DVD. Para member di KOPI juga sering membaca komik One Piece; tidak hanya online tetapi juga buku komik asli yang telah rilis di berbagai toko buku, karena di KOPI ada begitu banyak diskusi tentang komik-komik One Piece. KOPI selalu mengimbau anggotanya untuk selalu membeli buku komik yang asli.
Kalian pasti heran mengapa member KOPI mengagumi serial One Piece? Menurut Ivan Tio, serial One Piece memiliki plot yang luas; tidak hanya masalah bajak laut dan harta karun, tetapi juga impian dan ambisi. Plot yang menakjubkan, dunia yang luas, unik, penjelajahan yang penuh teka-teki, belum lagi dengan kandungan humornya yang menghibur. Alur cerita One Piece sangat bagus sehingga dapat memainkan emosi pembaca. Tidak jarang pula Eiichiro Oda, pengarang One Piece, mengangkat kisah-kisah spektakuler di dunia nyata ke dalam komik ciptaannya.
Selain itu, sejak tahun 2012 KOPI regional Jabodetabek rutin mengikuti event perkumpulan hobi dengan ikut mendirikan stand di Jakarta Fair (Hobby Festival dan Hot Event). Selain gathering, KOPI juga pernah mengadakan bakti sosial (sejauh ini telah dilakukan dua kali sehubungan dengan bencana alam dan santunan yatim-piatu), menghadiri event “jejepangan”, dan ikut dalam peresmian game One Piece. Untuk gathering biasanya mereka lakukan di tempat-tempat yang strategis untuk berkumpul, misalnya di Jakarta fair, mall, kafe, tempat wisata, dan lain-lain.
Gath dan sekalian Buka Puasa 2015
 (Gathering dan buka puasa bersama tahun 2015)
Sebagai komunitas yang ramai dengan member dan juga informasi tentang One Piece, KOPI berharap bahwa akan selalu ada kegiatan kumpul-kumpul regional agar semakin mempererat persaudaraan antarmember. KOPI juga terus giat mengimbau pecinta One Piece yang lain untuk mengutamakan membeli komik asli, bukan yang bajakan.
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *