Jakarta Berkebun; Getol Galakkan Gerakan Urban Farming

Sumpek dengan padatnya bangunan-bangunan di kota Jakarta? Ingin melihat lebih banyak titik-titik hijau tersebar di ibukota kita tercinta? Jika iya, gabung yuk, dengan komunitas Jakarta Berkebun.

Jakarta Berkebun merupakan bagian dari komunitas Indonesia Berkebun yang getol menggalakkan gerakan peduli lingkungan dan perkotaan melalui program urban farming. Hmm apa sih, urban farming itu? Urban farming adalah pemanfaatan lahan tidur di kawasan perkotaan menjadi lahan pertanian atau perkebunan produktif yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Jadi, sesuai namanya, kegiatan komunitas ini nggak jauh-jauh dari kegiatan berkebun. Hanya saja lahan tanam yang digunakan merupakan lahan nonproduktif atau lahan kosong yang belum dimanfaatkan.

Banyak “aktivitas-aktivitas hijau” mengasyikkan yang bisa kita ikuti bersama komunitas Jakarta Berkebun, lho. Di sini kita bisa belajar menanam beragam bibit tanaman produktif seperti pok coy, jeruk nipis, jeruk limau, dan masih banyak lagi. Selain itu, ternyata kita dibolehkan memanen dan membawa pulang hasil kebun di sana, lho. Seru, deh!

Ada juga kegiatan yang tidak kalah seru, salah satunya yaitu acara berkebun bersama penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 05 Petamburan, Slipi, Jakarta Pusat. Kawan-kawan di komunitas Jakarta Berkebun mendampingi dan mengajari murid-murid di sana menanam kangkung, bayam, dan sawi. Memang butuh kesabaran ekstra untuk mengajari mereka, tapi melihat semangat dan keceriaan adik-adik di sini membuat para relawan Jakarta Berkebun pun ikut semangat.

Tertarik untuk gabung dengan komunitas Jakarta Berkebun dan menjadi salah satu penggiatnya? Daftarkan saja diri kamu melalui twitter di @JktBerkebun atau Facebook Page Jakarta Berkebun. Kalau kamu cuma ingin berpartisipasi di kegiatan-kegiatannya, kamu bisa cek informasi tempat dan waktu kegiatan di kedua media sosial di atas. Biasanya, kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Jakarta Berkebun terbuka untuk siapa saja.

Jadi, tunggu apa lagi. Jadilah bagian dari komunitas Jakarta Berkebun dan mari bersama-sama membuat kota Jakarta menjadi lebih hijau, lebih sehat, dan lebih bermanfaat bagi penduduknya!

Sumber: My Hotel My Resort

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *