Aksi Kolaborasi 33 komunitas di Cikarang “Untuk 1000 Yatim”

Untuk pertama kalinya di Kabupaten Bekasi, 33 komunitas di Cikarang dari berbagai usaha, minat hobi dan kampus berkolaborasi dalam satu gerakan bertajuk “Untuk 1000 Yatim” sebuah aksi menggalang donasi dengan target Rp.100.000.000 untuk 1000 anak yatim di berbagai wilayah di Cikarang.

33 komunitas yang terlibat yakni Hotel Grand Zuri, urbancikarang.com, Paguyuban Abang Mpok Kabupaten Bekasi, Berbaginasi Cikarang, Stand Up Cikarang, Explore Cikarang, Cikarang Foto, K’PAS (Komunitas Peduli Sesama), Kita Bisa (Kolektif Beasiswa), Velocity, Cikarang Magic Community, Komunitas Sejuta Nasi Bungkus, Rumah Baca Mandiri Cikarang Utara, KSMC Cikarang, Paguyuban Fansclub Cikarang, Gooners Cikarang, JCI Cikarang, PRMI Cikarang, Al Fayyad Berbagi, Cikarang Japan Alliance, STEBI Global Mulia, Sewa Kamera Cikarang, KETOC Kebumen, FORCE – Komunitas KPOP Cikarang, CRCP Cirebon, Komunitas 2.5% , Jababeka Runners, Jakmania Cikarang, Rossi Fumi Cikarang, Kaselia (Komunitas Seni Pelita Bangsa), Skateforfun Cikarang. Bekasi Skuteran, Gereja Tiberias.

Aksi dimulai pada 6 Juni 2016 dengan berbagai kegiatan diantaranya Parkir Ramadhan event bertajuk festival diisi dengan berbagai aktivitas komunitas dalam rangka menggalang donasi, diantaranya Openmic Standup Cikarang, Magical Show dari Cikarang Magic Community, Ngabubutir with KPOP-Cikarang, Cikarang Japan Alliance, Nonton Bareng Euro, Pesona Budaya dari Abang Mpok Kab. Bekasi, Festival Musik Akustik dari Kaselia Pelita Bangsa, Akustik musik dari band-band lokal Cikarang dan masih banyak lagi aktivitas lainnya. Selain beragam aktivitas komunitas, Parkir Ramadhan juga diisi dengan festival kuliner.

Parkir Ramadhan digagas dengan konsep sebagai pusat aktivitas komunitas-komunitas di bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan positif  yang berlokasi di parkir Hotel Grand Zuri dengan area terbuka.

Aksi menggalang donasi juga dilakukan dengan membuka rekening donasi dan melakukan aksi jemput donasi di jalan yang dilakukan oleh anggota-anggota dari 33 komunitas yang tersebar di beberapa titik di Cikarang, bahkan dalam kegiatan aksi donasi. Komunitas-komunitas mengalami hal-hal yang mengagumkan seperti apa yang dilakukan Anggi bocah pemulung berhati mulia. Kisah Anggi akan kami ceritakan pada artikel lain.

Rusty, Ketua Jaringan Komunitas Cikarang Untuk 1000 Yatim menyampaikan aksi ini digelar untuk pertama kalinya di Cikarang dan bahkan di Kab. Bekasi dimana 33 komunitas-komunitas yang ada di Cikarang berkolaborasi menggalang donasi dengan target Rp.100.000.000 untuk menghadirkan 1000 senyum di wajah anak yatim menyambut hari kemenangan.

Masih Rusty, hasil penggalangan donasi semula tanggal 6 Juni 2016 masih Rp. 0,- namun hingga 25 Juni 2016 sudah mencapai Rp. 190.909.200,- hasil ini tentu jauh melampau target awal hanya Rp.100.000.000. Bahkan hampir dua kali lipat.

Hasil ini memang mencengangkan diluar ekspektasi komunitas-komunitas, pasalnya untuk mencapai Rp.100.000.000 saja awalnya kami sedikit pesimis sekaligus optimis pasti dapat tercapai target tersebut. 12 Juni 2016 donasi yang terkumpul masih Rp. 21 jutaan, sementara acara puncak Untuk 1000 Yatim berlangsung 25 Juni 2016, itu artinya masih ada 13 hari lagi untuk mencapai target Rp.100.000.000.

Akhirnya dengan berbagai upaya dengan mengoptimalkan jemput donasi dan menggelar berbagai event, akhirnya tanggal 25 Juni 2016 terkumpul donasi Rp. 190.909.200 jutaan. Ini semua juga tidak terlepas dari besarnya dukungan warga Cikarang dan sekitarnya yang ikut berdonasi.

“Ini bener-bener diluar dugaan, pertama kalinya 33 komunitas berkolaborasi dalam satu gerakan. Tanggal 6 Juni masih Rp. 0, tapi sekarang sudah Rp190jutaan. Terima kasih untuk warga Cikarang dan sekitarnya yang ikut berdonasi, ini memacu semangat kami komunitas, bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika semua bekerjasama” ungkap Rusty.

Aksi Untuk 1000 Yatim makin unik karena juga diikuti oleh Komunitas Gereja Tiberias, Erik B Saputra salah satu penggagas gerakan ini menyampaikan, menyanyangi anak-anak yatim menjadi kewajiban kita semua berbagi indahnya kebersamaan tak harus terbatas tembok suku agama dan ras.

“Kami sangat menyambut baik hadirnya Komunitas Gereja Tiberias, beramal dan berbagi indahnya kebersamaan tak harus terhalang karena kita berbeda suku, agama, atau ras. Menyayangi anak yatim menjadi kewajiban kita semua” ungkap Erik.

Acara puncak digelar pada 25 Juni 2016 dengan mengajak anak-anak yatim berbuka puasa bersama dan memberikan santunan berupa uang dan goodie bag. Anak-anak yatim dihadirkan ke acara Parkir Ramadhan di Hotel Grand Zuri dari berbagai wilayah di Cikarang dan sekitarnya. Mereka dijemput dan disediakan kendaraan oleh komunitas-komunitas hingga kembali ke tempat mereka masing-masing.

Arief, GM Hotel Grand Zuri Jababeka menyampaikan sangat menyambut baik gerakan Untuk 1000 Yatim,  ketika ada teman-teman mencetuskan ide gerakan ini dirinya tanpa ragu menawarkan uluran tangan menjadikan Hotel Grand Zuri sebagai pusat kegiatan mulai dari rapat, tempat kumpul-kumpul, hingga sebagai tempat digelarnya Parkir Ramadhan.

“Ketika teman-teman mencetuskan ide ini, langsung saya katakan ayo kita gerak. Hotel Grand Zuri Jababeka punya komitmen untuk memajukan generasi muda Cikarang, salah satunya dengan mendukung kegiatan komunitas-komunitas anak muda Cikarang ini, apalagi owner Hotel Grand Zuri Jababeka juga ikut mendukung ini” ungkapnya kepada urbancikarang.

Jaringan Komunitas Cikarang menginginkan satunya gerak dan langkah 33 komunitas ini kedepan akan semakin kompak, tidak hanya gerakan Untuk 1000 Yatim, tetapi gerakan-gerakan lainnya, bahkan untuk aksi tahun depan sudah direncanakan gerakan Untuk 2000 Yatim.

Sumber: Urban Cikarang

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *