Komunitas Urban Jedi; Hadirkan Lightsaber Di Dunia Nyata!

Kabar baik datang untuk para pecinta Film Starwars. Salah satu senjata fiktif yang paling populer dalam serial Starwars, lightsaber , kini telah hadir di dunia nyata. Senjata berbentuk tabung sepanjang 30 cm dan dapat mengeluarkan cahaya ini, bukan lagi digunakan sebagai alat untuk menyerang musuh atau melindungi diri. Lightsaber dalam dunia nyata ditekuni sebagai sebuah bidang olahraga. Konsep ini dicetuskan oleh kelompok yang menamakan diri mereka Komunitas Urban Jedi Bandung.

Komunitas yang baru berdiri pada tahun 2011 ini dibentuk oleh empat orang yang sama-sama menyukai film Starwars. “Seru juga kalau lightsaber dijadikan sport,” ujar Aldo, salah satu pencetus berdirinya komunitas ini. Berdasarkan pemikiran tersebut, dimulailah kegiatan ber-lightsaber fighting dipinggir jalan. Awalnya kegiatan ini tidak lebih dari sekedar iseng, namun karena keunikannya, akhirnya banyak khalayak yang tertarik dan ikut bergabung. Maka saat ini, anda tak perlu lagi heran apabila setiap Rabu malam terdapat sekelompok orang sedang bertarung menggunakan lightsaber di lapangan Saparua, Bandung.

Lalu, olahraga seperti apa yang dipelajari dalam komunitas ini? Tentu saja bukan hanya sembarang mengayun, atau hanya bermain-main seperti anak kecil. Terdapat tiga hal yang dilatih dalam komunitas ini. Pertama adalah teknik spinning atau memutar-mutar lightsaber dengan tangan. Pada teknik ini, dibutuhkan kelenturan dan kelihaian tangan yang hanya bisa didapatkan dari banyak berlatih.

Hal kedua yang dipelajari dalam komunitas ini adalah battle atau bertarung. Aturan yang dipergunakan dalam battle hampir sama dengan bermain anggar. Dua orang dihadapkan dan masing-masingnya berusaha mengenai badan lawan sambil berusaha menghindari agar badan sendiri tidak terkena sentuhan lightsaber.

Hal ketiga yang dipelajari pada Komunitas urban Jedi adalah teknik koreografi. Konsepnya hampir sama dengan battle, yaitu dua orang berdiri berhadapan. Namun bedanya, dalam koreografi, gerakan telah ditentukan dan dihafalkan sebelumnya. Apresiasi pun patut diberikan untuk komunitas Urban Jedi karena trik dan teknik latihan lightsaber ini mereka susun sendiri. Mereka menggabungkan beberapa cabang olahraga bela diri seperti kendo, wushu, dan anggar.

Selain teknik gerakan, ternyata komunitas ini juga belajar untuk membuat lightsaber. Bahkan saat ini, syarat untuk bergabung bersama komunitas Urban Jedi adalah membuat lightsaber sendiri. Selain harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan produksi pabrik, jenis pegangan hingga warna cahaya lightsaber yang dimiliki oleh anggota dari komunitas ini dapat disesuaikan dengan keinginan pemiliknya. Faisal , adalah salah satu anggota komunitas Urban Jedi yang baru saja menyelesaikan lightsaber buatannya sendiri. Siswa SMP Negeri 26 Bandung ini mengaku awalnya dia sangat menyukai serial Star Wars ketika berkunjung ke rumah temannya, dia melihat replika lightsaber dan langsung tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini.

Sumber: Citizen Magz

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *