Wildtape; Sulap Lakban Menjadi Karya Seni

Siapa sangka sebuah lakban dapat disulap menjadi karya seni yang unik? Ternyata, Wildtape mampu membuktikan hal itu. Wildtape merupakan sebuah komunitas seni tape art yang dibentuk oleh para mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Ubaya. Tape art sendiri merupakan cabang seni yang masih tergolong cukup baru, yakni menggunakan lakban sebagai pengganti cat maupun spray, dengan menggunakan media seperti tembok, pigora, dan masih banyak lagi.

Kegiatan Wildtape sangat beragam, mulai dari membuat urbantape art di jalanan Surabaya, yakni tape art dengan menggunakan media tembok di pinggir jalan raya layaknya graffiti sampai dengan membuat tape art di pigora untuk keperluan pameran.

“Awalnya karya-karya kami merupakan tape art liar yang berada di pinggiran jalan Surabaya. Dari sinilah nama Wildtape muncul,” papar Ellon Hisky Abdullah selaku ketua sekaligus founder dari WildtapeIa memaparkan bahwa anggota Wildtape bukan hanya dari FIK Ubaya, namun ada juga dari fakultas lain yang punya jiwa seni tinggi.

Pada hari Minggu, 13 Desember 2015 Wildtape bekerjasama dengan Provoke!, sebuah majalah anak muda, khususnya SMA, mengadakan workshop bertajuk “Work of Art.” Acara yang diadakan di Rodo Café ini diikuti oleh Repro (Representative of Provoke!) Surabaya. Semua Repro adalah siswa-siswa yang masih duduk di bangku SMA. Kemudian, tepat pukul 13.00 WIB, para Repro mulai berdatangan di lokasi dengan dresscode pastel yang manis.Total ada 40 orang Repro yang menghadiri workshop ini.

“Nah,secara umum ada lima jenis tape art, yakni realist tape art, line tape art, geometrical yang lebih mengarah ke urban tape art, lettering, serta origami. Yang akan kita coba pada hari ini yakni yang berjenis origami,” jelas mahasiswa FIK Ubaya angkatan 2012 ini.

Para Repro tampak antusias saat mereka mempraktekkan sendiri cara membuat tape art. Bahkan, Wildtape telah mempersiapkan hadiah bagi karya yang dinilai paling menarik, yakni sebuah wooden speaker dengan hiasan tape art karya mereka sendiri.

Selain itu, Jetz selaku sponsor dari workshop kali ini mengadakan lomba yang menarik dan interaktif, yakni menghias sebagus mungkin logoJetz di kertas yang telah disediakan. Hasilnya, terdapat lima orang pemenang yang berhak mendapatkan merchandise cantik dari Jetz.

Sumber: WEB UBAYA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *