Biodiversity Warriors: Dididik Agar Mumpuni Menjadi Citizen Scientists

Yayasan KEHATI percaya bahwa peran generasi muda sangat vital dalam menjaga dan melestarikan keaneragaman hayati. Melalui gerakan Biodiversity Warriors, Yayasan KEHATI mengajak para agen perubahan itu untuk membuat alam ini menjadi lebih baik.

Biodiversity Warriors adalah gerakan anak-anak muda untuk melakukan perubahan dengan menjadi ksatria penyelamat dan penjaga keanekaragaman hayati di Indonesia. Mereka didorong untuk mempopulerkan keanekaragaman hayati ke seluruh Indonesia, baik dari sisi keunikan, manfaat, potensi, serta pelestariannya. Melalui dunia maya mereka menyebarkan informasi kepada publik sekaligus bertukar informasi. Aksesibilitas internet yang menjangkau segala penjuru akan memberikan kekuatan pada informasi yang disebarluaskan tersebut sehingga perubahan dapat terjadi.

Oleh Yayasan KEHATI, informasi tersebut akan disalurkan pada pembuat kebijakan, organisasi lingkungan, dan lembaga penelitian. Melalui saluran yang tepat secuil informasi dari para Biodiversity Warriors akan mampu membuat perubahan. Selain itu para Biodiversity Warriors ini akan dididik menjadi citizen scientist agar informasi yang dihasilkan dan kemudian dibagikan bernilai ilmiah.

Tujuan dari Biodiversity Warriors:

  • Mempopulerkan keanekaragaman hayati Indonesia
  • Membuat catalog popular tentang keanekaragaman hayati Indonesia, agar informasi tentang manfaat dan keunikannya dapat tersusun dengan baik sehingga mudah untuk dipelajari ke depannya
  • Membangun kepekaan generasi muda terhadap kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia
  • Melakukan perbaikan lingkungan dengan mengubah mindset publik melalui informasi menarik terkait keanekaragaman hayati
  • Membangun jejaring antar-pemuda-pemudi yang memfokuskan minat pada keragaman hayati di tahun pertama
  • Menyediakan forum (online dan tatap-muka) bagi pemuda-pemudi untuk berinteraksi antar-mereka dan dengan ilmuwan

Sumber: Laman Biodiversity Warriors

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *