Mau Aman Nonton Konser? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Kadang-kadang arena venue bisa sekejam medan perang. Kalau kebetulan lagi apes, segudang resiko siap menimpamu. Mulai dari kecopetan, pelecehan seksual, jatuh-terinjak, sampai yang paling nahas seperti insiden yang baru terjadi beberapa hari lalu di konser Ariana Grande Manchester, terkena letusan bom. Sayangnya, sekadar hati-hati belumlah cukup untuk mengamankan diri, ada beberapa hal lain yang mesti kamu perhatikan juga.  Mau tahu apa saja? Nah, Komunitas KITA Anak Negeri sudah merangkumnya buatmu!

  • Perhatikan siapa pihak yang menyelenggarakan konser

Biasanya, kita cuma memperhatikan siapa musisi/band yang menggelar konser. Padahal, nonton konser bukan perkara mendengar dan menonton musik belaka. Perlu diperhitungkan aspek-aspek teknis. Nah, aspek-aspek teknis ini tentu bukan urusan musisi/band yang bersangkutan dong? Promotor dan event organizer lah yang berperan membereskan tugas-tugas ini. Penyelenggara yang cekatan dan lihai yang sudah punya nama biasanya memiliki pola kerja yang lebih rapih. Fasilitas agar penonton sepertimu dapat merasa aman dan nyaman selama konser berlangsung tentunya sangat diperhitungkan. Karena itu, ada baiknya kamu mulai memperhatikan hal ini!

  • Pahami lokasi venue

Kamu harus paham betul perbedaan antara venue yang diadakan secara indoor maupun outdoor. Keduanya memiliki resiko dan skenario terburuknya masing-masing. Di konser indoor, kamu harus waspada kalau-kalau terjadi kebakaran dan gempa bumi. Sedangkan pada konser outdoor, barangkali cuaca buruk bisa lumayan mengganggu. Selain itu, pada konser outdoor kamu juga perlu memperhatikan di mana spesifiknya tempat konser. Konser yang diadakan di pinggir pantai ada kemungkinan diterpa gelombang pasang, sedangkan konser yang diadakan di tanah lapang rentan tersengat sinar matahari secara langsung. Faktor alam bisa jadi ancaman juga lho!

  • Ketahui jalur evakuasi

Di manapun tempatnya, pastikan ada jalur evakuasi yang jelas dan mudah dijangkau. Bahkan, kalau kamu tipikal orang yang punya kehati-hatian berlebih dan lebih menyayangi diri sendiri daripada tiket konser yang kamu beli mahal-mahal, ada baiknya kamu menonton dari posisi sedekat mungkin dengan jalur evakuasi. Meski berpotensi mengurangi sensasi keseruan konser, yang penting aman kan? Tak ada salahnya kok jadi sedikit paranoid!

  • Kurangi barang bawaan

Bayangkan kamu lagi asik-asiknya headbanging di sebuah konser metal, tiba-tiba salah satu speaker korslet gara-gara tidak kuat menyeimbangi teknik scream sang vokalis. Api pun tersulut dan menyambar kemana-mana. Di tengah kepanikan, tas ransel yang dari tadi kamu gendong copot. Ketendang-tendang orang yang berlarian. Bayangkan kalau di dalamnya ada barang berharga seperti kamera, dokumen-dokumen penting, sampai laptop yang di dalamnya tersimpan soft-copy skripsimu yang belum sempat kamu backup. Nah daripada nyesel seumur hidup, mendingan antisipasi dari awal dengan meninggalkan barang-barang penting di rumah.

  • Waspadai gerak-gerik orang di sekitarmu

Pastikan orang-orang di sekitarmu tidak menunjukkan gelagat mencurigakan. Kalau kebetulan posisimu dekat dengan orang seperti ini, ada baiknya segera menjauh. Pelaku pencopetan dan pelecehan seksual sudah pasti ikut berbaur dengan kerumunan penonton. Apalagi kalau konsernya membludak sampai mepet-mepetan, meleng sedikit dompet atau handphone bisa raib. Apabila kamu sudah terlanjur jadi korban, jangan ragu untuk segera minta tolong. Tak masalah kalau jalannya konser jadi terganggu, yang penting kenyamananmu tidak dikorbankan.

  • Berdoa sebelum dan sesudah konser

Apalah pertahanan yang paling ampuh selain perlindungan-Nya. Mungkin terdengar sepele, namun berdoa dapat mendatangkan ketenangan lahir-batin. Sebelum konser berdoalah agar konser yang kamu datangi dapat berlangsung dengan lancar dan dirimu dijauhkan dari orang-orang jahat. Seusai konser, kamu juga bisa mengucap syukur karena telah dilindungi selama konser berlangsung.

Nah, gimana? Cukup membantukah? Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu-kamu yang selama ini sering ketimpa sial ketika nonton konser!

Sumber; Kitanaknegeri.com

Foto dari artevent24.ru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *