SOBAT BUMI INDONESIA: Wadah Anak Muda Atasi Masalah Lingkungan Hidup

Cintai Bumi, Selamatkan Bumi, inilah semboyan kami para Sobi (sebutan untuk sobat bumi) se-Indonesia. SOBI adalah suatu wadah bagi anak muda Indonesia yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah lingkungan hidup yang terjadi di sekitarnya sehingga dapat bergerak untuk melakukan sebuah tindakan inovatif, sinergis, dan berkelanjutan demi terciptanya Indonesia hijau. SOBI yakin bahwa perubahan besar tidak dapat diciptakan dengan langkah besar, namun perubahan besar akan tercipta melalui sebuah usaha kecil yang dilakukan bersama.

Kebermanfaatan merupakan landasan utama SOBI dalam melakukan sebuah kegiatan yang dalam penerapannya bukan semata bersifat ekslusif, namun bersifat inklusif. Saat ini SOBI memiliki 20 Regional yang bertebaran dari sabang sampai merauke. Adapun ke 20 Regional tersebut, yaitu: Aceh, Medan, Riau, Palembang, Padang, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Jogja, Bali, Sumbawa, Mataram, Sulawesi, Benua Etam, Maluku, Jaya Pura, Manokwari, dan Merauke. Adapaun kegiatan-kegiatan sobat bumi yaitu;

  • SOBI Camp merupakan suatu acara gathering sobat bumi seluruh indonesia, yakni dari sabang sampai merauke. Tahun lalu sobat bumi mengadakan sobi camp di Trawas, dari tangal 1 s/d 5 desember 2014. Di peserta dibekali dengan berbagai ilmu yang sanagt bermanfaat. Mulai dari menata masa depan sampai dengan bagaimana kita bisa membuat bumi ini lebih tahan lama. Di acara sobi camp inilah seluruh sobat bumi bertemu dengan berbagai suku, agama, dan wilayah. Walaupun hanya beberapa hari, sobi camp tidak akan pernah lekang dalam ingatan semua sobat bumi.
  • SOBI Summit 2015 adalah sebuah pertemuan para pemimpin muda Indonesia yang membahas mengenai isu-isu lingkungan hidup yang sedang berkembang saat ini. Pertemuan ini dihadiri oleh lebih dari 50 pemimpin muda yang hadir dari berbagai penjuru Indonesia, mulai dari Aceh hingga Merauke. Tidak hanya berdiskusi dengan sesama pemimpin muda, dalam pertemuan ini juga akan dihadiri oleh expert yang harapannya dapat membekali peserta dengan pengetahuan mendasar dalam upaya menciptakan sebuah perubahan terkhususnya yang terkait dengan masalah lingkungan. Para pemimpin muda ini dituntut untuk menjadi corong informasi dan inisiator perubahan di daerah asalnya masing-masing.
  • SOBI Berbagi, pada bulan ramadhan 1436 H Sobat Bumi mengadakan aksi serentak di setiap regional seluruh Indonesia yang bernamakan Sobi Berbagi. Acara ini bertujuan untuk berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Acara Sobi Berbagi ini bermacam-macam, ada yang yang berbagi takjil berbuka di jalan, berbagi di panti asuhan, berbagi dengan yang kurang mampu, dan lain sebagainya.

FOTO: DOK. SOBAT BUMI INDONESIA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *