KIAT-KIAT MERAIH BEASISWA LPDP

Buat kalian pelajar dan mahasiswa Indonesia, mungkin tak asing lagi dengan beasiswa satu ini. Yups, beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini merupakan beasiswa yang dikelola oleh 3 kementerian yaitu kementerian pendidikan, kementerian keuangan, dan kementerian agama. Beasiswa ini menyediakan 5 jenis program yang ditawarkan buat para pemburu beasiswa. Keempat jenis program tersebut yaitu beasiswa afirmasi (buat yang tinggal di kawasan Indonesia terdalam, terluar, dan terdepan), beasiswa magister dan doktor dalam dan luar negeri, beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa spesialis kedokteran dan beasiswa presiden.

Nah buat kamu para Scholarship Hunter yang berminat mendaftar beasiswa ini, berikut ada Tips dari Komunitas Sahabat Beasiswa:

  • Pahami dan Lengkapi Syarat Administrasi: Syarat administrasi ini meliputi surat rekomendasi, CV (dapat diunduh di web LPDP), essay, study plan, IPK min 3,00 untuk S2 dan 3,25 untuk S3, usia maksimal 35 tahun untuk S2 dan 40 tahun umtuk S3. Untuk pengisian CV perhatikan syarat yang harus dilengkapi yaitu lampiran ijasah pendidikan terakhir, transkrip nilai, dan sertifikat PBT TOEFL (500 untuk Magister, 550 untuk doktor).
  • Intens Membuka E-mail: Karena untuk pengumuman tahap selanjutnya akan diberitahukan melalui media ini. Jadi jangan sampai terlewatkan. Selain itu, semua e-mail LPDP menggunakan akun gmail. Untuk itu, sebaiknya anda menggunakan gmail untuk mempermudah komunikasi. Karena dengan penggunaan gmail, anda akan dimudahkan dengan adanya fitur-fitur seperti googlegroups.
  • Persiapkan Wawancara dengan Matang: Tahap ini merupakan salah satu tahap paling menentukan untuk mengukur layak tidaknya anda mendapat beasiswa. Karena melalui tahap ini akan diketahui motivasi anda dalam melamar beasiswa dan seberapa besar kontribusi yang akan anda berikan setelah menerima beasiswa tersebut. Pertanyaan yang diajukan biasanya seputar study plan dan essay yang telah dibuat.  Untuk itu, anda harus benar-benar memahami isi studi plan dan essay agar terkesan meyakinkan saat menyampaikan. Kalau perlu, manfaatkan teman atau saudara di sekeliling anda untuk latihan wawancara. Pastikan anda datang tepat waktu dan gunakan pakaian yang bisa membuat anda nyaman dan tampil PD dihadapan pewawancara.
  • Pilih Universitas dan Jurusan Terbaik yang Kamu Suka: Setelah lolos seleksi wawancara, anda diberi kebebasan untuk memilih tempat studi sesuai minat. Untuk itu, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai universitas terbaik sesuai dengan jurusan yang anda tuju. Setelah mendapat tempat yang cocok, segeralah melengkapi persyaratan untuk mendaftar di perguruan tinggi tersebut.
  • Siapkan Tenaga Ekstra untuk Mengikuti Program Pengayaan: Tahapan terakhir yang harus dilalui calon penerima beasiswa adalah program pengayaan. Program ini wajib diikuti bagi pelamar yang sudah melewati tahap wawancara. Akan ada banyak kegiatan dalam tahapan ini, diantaranya adalah seminar, akademi militer, naik gunung, kesenian, lomba social competitive, nonton film, makan-makan, foto dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Tahapan ini juga terdapat sistem gugur, jadi setiap peserta akan dinilai kemampuannya dalam membangun kerjasama tim, integritas dan berbagai pertimbangan lain. Oleh karena itu, persiapkanlah fisik dan mental anda untuk mengikuti tahapan ini.

Sumber: http://sahabatbeasiswa.com/menembus-pagar-persaingan-beasiswa-lpdp/

FOTO: DOK. EULIS UTAMI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *