KOPPAJA BEKASI: Hadir Untuk Kurangi Populasi Anak yang Mencari Nafkah Di Jalanan

KOPPAJA merupakan kepanjangan dari Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan, sebuah komunitas yang membawa misi memberikan pendidikan khususnya kepada anak–anak yang menggantungkan hidupnya di jalanan. KOPPAJA Regional Bekasi terbentuk pada tanggal 14 Desember 2014 yang di awali dari kepedulian teman-teman kepada anak jalanan yang kesulitan untuk bersekolah dan memperoleh pendidikan. Mereka senantiasa mengajar serta mengamalkan ilmunya secara tulus kepada anak-anak jalanan.

Koppaja Bekasi sendiri memulai kegiatan belajar mengajarnya untuk anak- anak jalanan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 13:00 s.d. 15:30 WIB dengan metode pembelajarannya meliputi akhlak kepribadian, agama, pengetahuan dasar dan motivasi. Koppaja dengan adanya di kota bekasi anak-anak jalanan  dhuafa yang turun kejalan dan tidak bersekolah sehingga mereka bisa termotivasi dan sekolah kembali. Dengan cara memberikan motivasi kepada mereka serta sedikit pengetahuan atau pelajaran tambahan kepada mereka agar mereka mempunyai keyakinan dan kemudahan dalam menggapai cita-cita sebagai anak bangsa yang terampil dan cerdas serta berahlak mulia.

Menurut komunitas ini, pada dasarnya anak jalanan tidak perlu dikasihani, diberi uang ataupun diberi makanan, karena yang paling mereka butuhkan sebenarnya adalah pengetahuan, pendidikan serta motivasi untuk mendapat pendidikan demi cita-cita masa depan. Itulah kenapa Komunitas Koppaja Bekasi hadir melalui misi untuk mencerdaskan anak bangsa dengan cara mengawasi, memotivasi, serta memberikan perlindungan terhadap mereka akan diskriminasi dan paksaan untuk putus sekolah dari pihak manapun, guna mewujudkan visi untuk mengurangi populasi anak yang turun mencari nafkah di jalanan dan mengangkat derajat mereka dengan pendidikan

FOTO: DOK. KOMUNITAS KOPPAJA BEKASI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *